Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang melaksanakan kegiatan sosialisasi ujian madrasah tahun pelajaran 2017/2018 di Spices Ball Room Hotel Aston Ketapang, Selasa (27/02/2018).

Kegiatan yang mengundang Kepala MI, MTs dan MA tersebut diikuti oleh 33 orang peserta. Dari Madrasah Ibtidaiyah 13 orang peserta, Madrasah Tsanawiyah 14 orang peserta dan Madrasah Aliyah 6 orang peserta.

Dalam sambutannya Fahriyani yang menjabat sebagai Kasi Pendidikan Madrasah menyampaikan kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan Ujian Nasional, Ujian Akhir Madrasah berstandar Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Perihal peserta yang diundang dalam kegiatan, fahriyani menjelaskan bahwa kuota peserta sangat terbatas. Dari 59 madrasah yang ada di Kabupaten Ketapang hanya 33 madrasah yang diundang sehingga panitia memberlakukan kriteria madrasah yang diudang yaitu : (1) madrasah yang berada dalam satu yayasan yang tempatnya berdekatan diwakili oleh satu madrasah, (2) madrasah yang baru menyelenggarakan ujian, (3) madrasah yang baru pertama kali bertindak sebagai peyelenggara ujian.

“Bapak Gustamnur dari Dinas Pendidikan Ketapang akan menjadi narasumber pada kegiatan ini, beliau sekarang menjabat sebagai Kasi Pendidikan SMP sehingga akan menjadi narasumber yang berkompeten dalam menjelaskan pelaksanaan Ujian.” Jelas Fahri.

Fahri memaparkan kepada peserta bahwa setelah melihat secara langsung persiapan madrasah yang akan menyelenggaakan ujian mulai dari Kecamatan Kendawangan, Sungai Melayu Rayak dan Kecamatan lain maka ujian madrasah tahun ini insya Allah sudah siap dilaksanakan.

Mengakhiri sambutannya Fahri berpesan agar Kepala Madrasah melakukan persiapan secara maksimal agar pelaksanaan ujian tahun pelajaran 2017/2018 ini dapat berjalan sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal. (Saf)