Pemangkat (bimasbuddha) – Vihara merupakan tempat ibadah agama buddha. Vihara dijadikan tempat melakukan puja dan peribadatan bagi seluruh umatnya. Sebagai rasa syukur para umat sering merayakan ulang tahun tempat ibadah mereka. 

Vihara Si Thian Fut Cu yang mengadakan Peringatan ulang tahun pada Selasa (22/5).  Naryoto selaku Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Prov. Kalbar turut menghadiri perayaan ulang tahun Vihara yang terletak di Jalan Pembangunan Lonam Pemangkat tersebut. Naryoto menyampaikan selamat kepada seluruh panita dan pengurus vihara atas ulang tahun yang telah diselenggarakan.

Para pengurus dan panitia menyambut dengan hangat kedatangan Pembimas Buddha kalbar. Mereka mengucapkan terima kasih karena Pembimas sudah meluangkan waktu dan tenaga untuk menghadiri perayaan ulang tahun vihara Si Thian Fut Cu.

Perayaan ulang tahun vihara juga sudah menjadi salah satu tradisi bagi sebagian vihara yang berada di wilayah Kalimantan Barat. Dipercaya bahwa semakin tua umur vihara atau tempat ibadah maka akan semakin meriah perayaan yang diselenggarakan, karena dianggap semakin banyak mendatangkan berkah.

Acara diselenggarakan secara meriah. Kemeriahan dirasakan dalam suasana yang terlihat dari banyaknya umat dan tamu undangan yang hadir di Vihara tersebut. Para tamu undangan disuguhi jamuan istimewa yang diiringi tembang-tembang mandarin yang dibawakan dengan begitu merdu oleh para penyanyi.

Berita: