Hari Amal Bakti (HAB) merupakan hari yang sangat bersejarah bagi Kementerian Agama Republik Indonesia pasalnya sejak tanggal 3 Januari 1946 lahirlah Instansi/Lembaga Kementerian Agama yang dijabat oleh Dr. KH. Mohammad Rasjidi sebagai Menteri Agama pertama.

Oleh karena itu, secara serentak Kementerian Agama di seluruh tanah air menggelar upacara puncak peringatan HAB ke-72 Kemenag RI tahun 2018. Demikian halnya Kanwil Kemenag Prov. Kalbar melaksanakan upacara di halaman Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kalbar yang dihadiri oleh Seluruh ASN di lingkungannya.

Selain itu hadir pula para pensiunan Kanwil Kemenag Kalbar beserta perwakilan dari instansi di sekitar Kanwil Kemenag Kalbar dan Pimpinan Ormas Islam dan Lintas Agama. Adapun Pembina upacara dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalbar yang baru di lantik Drs. H.Ridwansyah, M.Si yang membacakan langsung amanat Menteri Agama RI.

Dalam sambutan tertulisnya Menag menyatakan Kementerian Agama hadir untuk mengatur membimbing dan melayani serta melindungi semua pemeluk agama didalam Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita.

Dalam kaitan ini pula Menag mengingatkan bahwa Kemenag bertugas sebagai pegawai dasar negara yaitu Pancasila yang didalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jati diri bangsa Indonesia.

Melihat amat pentingnya tugas itu, maka Menag menegaskan pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama.

Salah satu agenda rutin setiap upacara Upacara HAB dari tahun ketahun adalah penganugerahan tanda penghormatan Satya Lencana Karya Satya dan untuk tahun 2018 ini diberikan kepada 8 ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar, dan Guru MAN 1 Pontianak.

Penganugerahan tanda penghormatan Satya Lencana Karya Satya tersebut dibacakan oleh Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Kanwil Kemenag Kalbar, Kaharuddin, S.Ag. sedangkan penyematan penghargaan dilakukan oleh Kakanwil Kemenag Kalbar selaku pembina upacara.

Usai upacara, seluruh pejabat Eselon II dan III beserta undangan saling bersalaman dalam acara ramah-tamah bertempat di ruang tamu Kanwil Kemenag Kalbar dan ditutup dengan foto bersama di Halaman Kantor. (Ir-Inmas)

Berita: