Kamis,17 Agustus 2017 seluruh siswa dan segenap elemen MTsN Nanga Pinoh telah berkumpul dan bersiap - siap untuk melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia yang ke - 72.

Langit pun cukup cerah membuat pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dan hikmat. Meski sejak malam hari hingga subuh hujan turun membasahi bumi Melawi.

Acara dimulai dengan obade yang menyanyikan lagu - lagu perjuangan.untuk membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan pelajar MTsN Nanga Pinoh. Mulai dari lagu Berkibarlah Benderaku, Rayuan Pulau Kelapa, Hari Merdeka, Padamu Negeri dan Tanah Airku.

Kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera, yang dibawakan oleh siswi MTsN Nanga Pinoh. Dengan persiapan yang matang pengibaran bendera dapat terlaksana dengan sempurna dan hikmat. Acarapun dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Sakirin, S.Pd.I.

Pada kesempatan upacara ini Kepala Madrasah H. Sugeng memberikan amanat kepada seluruh peserta mengenai betapa kita harus mensyukuri kemerdekaan.Hidup dialam yang merdeka memudahkan kita untuk belajar dan mengisinya dengan hal - hal positif yang kelak berguna untuk tidak hanya bagi diri sendiri, melainkan juga untuk orang lain, masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara.

Beliau menambahkan untuk menjadikan sekolah sebagai rumah kedua dan sebagai taman yang menyenangkan untuk menumbuhkan kebiasaan - kebiasaan baik pada setiap anak Indonesia. Menumbuhkan lingkungan yang baik dan budaya belajar yang serasi antara sekolah, masyarakat dan keluarga. Karena sinergi yang harmonis antara orang tua dengan sekolah adalah kunci suksesnya pendidikan anak.

Pada saat memproklamasikan kemerdekaannya Indonesia dalam keadaan 95% penduduknya buta huruf, saat ini bangsa Indonesia telah berhasil membalikkan keadaan menjadi 96% melek huruf. Tidak banyak negara yang bisa mengatasi buta huruf secepat Indonesia.

Madrasah Tsanawiyah Negeri Nanga Pinoh memastikan pendidikan tanpa adanya diskriminasi, semua siswa  mendapatkan layanan pendidikan yang bermutu, dimana 96% guru di MTsN Nanga Pinoh adalah guru profesional yang telah tersertifikasi. Dan di MTsN Nanga Pinoh diberikan beasiswa bagi siswa yang tidak mampu melalui Program Indonesia Pintar.

Beliau menambahkan MTsN Nanga Pinoh memberikan layanan pendidikan gratis bagi para siswa, memberikan sarana dan fasilitas yang lengkap bagi para siswa untuk meningkatkan minat dan bakatnya. Dengan pengembangan pendidikan vokasi  yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja, sehingga lulusan memiliki karakter dan berdaya saing global.Pada generasi mudalah dititipkan tugas untuk membawa Indonesia ke Puncak Kejayaannya.Teruslah belajar. teruslah mengejar cita - cita, karena kalianlah generasi emas tahun 2045 itu, tandasnya.

Upacara bendera ditutup dengan pembacaan do'a oleh Ujang Tarmana, S. Pd. Suasana haru mengenang perjuangan para pahlawan. Menyadarkan kepada kita betapa pentingnya mengisi anugerah kemerdekaan ini dengan sebaik - baiknya. (Okta)