MEMPAWAH_Wakil Gubernur Kalimantan Barat Cristiandi Sanjaya mengajak seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama yang ada di Kabupaten Mempawah untuk tetap selalu menciptakan suasana yang aman, damai dan penuh toleransi, menurutnya ajakan ini merupakan harapan dan dambaan semua masyarakat Indonesia sebagai suatu negara yang berlandaskan kepada Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI. Pernyataan tersebut disampaikannya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Mempawah (6/6/17) pada acara Silaturrahmi Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dengan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

Ia berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah dapat bersama-sama dengan semua elemen masyarakat dalam membangun daerah, baik berupa infrastruktur dan pembangunan-pembangunan lainnya yang perlu ditingkatkan. Menurutnya masyarakat Kabupaten Mempawah merupakan masyarakat yang beragam agama, suku, bahasa dan budaya, namun tetap menjadi daerah yang sejuk, aman, damai, tanpa ada konflik yang bisa memecah belah persatuan-persatuan.

Hadir saat itu sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Mempawah dan pejabat vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya, yang  dirangkai dengan acara buka bersama, dan sholat maghrib berjamaah.

Sementara itu Ketua FKUB Provinsi Kalimantan Barat Wajidi Sayadi dalam taushiyahnya mengingatkan semua pihak untuk waspada terhadap kemungkinan masuknya ISIS yang bisa mengancam stabilitas dan keamanan negara Indonesia, ia mengatakan bahwa ISIS yang berbasis di Timur Tengah sudah kehilangan kekuatan, sehingga dikhawatirkan akan menyebar ke berbagai belahan dunia salah satunya adalah negara Indonesia yang aman damai.

“Bukan tidak mungkin suatu saat nanti jaringan ISIS akan menyebar dan masuk ke Kalimantan Barat, oleh sebab itu, kita berharap agar aparat keamanan dan semua elemen masyarakat agar tidak terlena dengan kondisi saat ini, kita harus mengantisipasi dan waspada terhadap kemungkinan masuknya ISIS, jangan sampai ISIS masuk dan bisa merusak tatanan kehidupan masyarakat bangsa Indonesia secara umum, yang selama ini sudah terjalin dengan rukun dan harmonis”,  ungkap Wajidi Sayadi dengan tegas.

Wajidi juga meminta kepada masing-masing pemeluk agama terutama para tokoh agama agar melakukan dialog jika terdapat permasalahan yang harus diselesaikan secara bersama, para tokoh harus bergerak cepat mencari solusi, dan menjalin hubungan komunikasi yang intens antar pemeluk agama.   

Bupati Mempawah H. Ria Norsan saat memberikan sambutan meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah untuk turut aktif menciptakan suasana yang aman dan damai, ia menegaskan masyarakat tidak perlu takut dan khawatir terhadap isu-isu yang tidak jelas sumbernya. “Kepada seluruh masyarkat Kabupaten Mempawah agar tidak percaya terhadap berita hoax, segala sesuatu harus kita cari kebenarannya, jangan sampai ada yang merasa tidak aman dan terancam, semuanya kembali kepada kita, terlebih di bulan puasa Ramadhan ini, kita dituntut untuk selalu sabar dan saling member maaf," ujar H. Ria Norsan. (Rudi_Mpw).

Berita: