SINGKAWANG. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menyelenggarakan jalan sehat kerukunan pada Sabtu (13/1). Jalan sehat kerukunan merupakan rangkaian kegiatan yang diagendakan panitia dalam rangka memeriahkan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-72 di ingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang. 

Sejak pagi halaman Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang sudah dipadati oleh ribuan orang yang hadir untuk mengikuti jalan sehat ini. Peserta yang hadir merupakan keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dan tokoh lintas agama. Turut hadir pada acara ini Wakil Walikota Singkawang Drs. H. Irwan, M.Si dan beberapa pejabat Forkopimda beserta jajarannya.

Selain jumlah peserta yang begitu ramai, jalan santai kerukunan tambah meriah dengan diiringi oleh 7 (tujuh) kelompok drumband yang mewakili masing-masing agama yaitu dari MAN MODEL Singkawang, MTsN Singkawang, MAS YASTI Singkawang, MAS Ushuluddin Singkawang, SMA St. Paulus Nyarumkop, SMA Mudita dan SMP Tarsisius.

Rute jalan sehat dimulai dari halaman Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang jl. Alianyang, jl. Sultan Muhammad Syafiudin, jl. Diponegoro, jl. Yos Sudarso, kembali ke jl. Alianyang dan Finis di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang. Adapun rute yang dipilih ini melewati beberapa rumah ibadah seperti Gereja, Masjid dan Kelenteng/Vihara. Oleh karena itu kegiatan ini disebut jalan santai kerukunan karena seluruh umat beragama ikut terlibat dan berpartisipasi dalam acara yang diselenggarakan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga pelaksanaan ini dapat berjalan dengan sukses. Ia juga menyampaikan bahwa tema HAB ke-72 Kementerian Agama tahun ini yaitu "Tebarkan Kedamaian". Untuk itu, Nahruji mengajak seluruh pegawai Kementerian Agama Kota Singkawang dan semua komponen umat beragama untuk bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian sehingga kerukunan dan kedamaian hidup dapat terpelihara dengan baik khususnya di Kota Singkawang.

Sementara itu, Wakil Walikota Drs. H. Irwan, M.Si dalam sambutannya sekaligus melepas peserta jalan santai menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap seluruh peserta yang terdiri dari berbagai suku dan agama begitu ramai membludak memadati halaman kantor Kemenag Kota Singkawang. “Ini merupakan bukti nyata bahwa masyarakat Kota Singkawang sangat toleransi dan cinta damai,” ujarnya. Wakil walikota yang baru menjabat ini berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat meningkatkan silaturrahim dan menumbuhkan semangat kebersamaan antar umat beragama. “Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan silaturrahim kita semua, sehingga toleransi dan kerukunan umat beragama dapat terpelihara dengan baik khususnya di lingkungan Kantor Kemenag Kota Singkawang,” harapnya.

Pada kegiatan ini panitia sudah menyiapkan ratusan hadiah (doorprize) untuk peserta jalan santai dengan ratusan hadiah. Adapun hadiah yang terkumpul merupakan sumbangan dari karyawan Kantor, KUA, guru PAI dan Madrasah, serta pihak-pihak lain yang sifatnya sukarela seperti dari BANK dan beberapa restoran/rumah makan. Dan pada akhir acara di adakan pengudian doorprize. (Jk/Hms)

Berita: