BENGKAYANG_Kamis (16/11) Ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat berkumpul bersama di Aula terbuka lantai V Kantor Bupati Bengkayang untuk menghadiri silaturahmi sekaligus penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh Komandan Korem (Danrem) 121 Alambhana Wanawai Sintang Brigjen TNI Bambang Ismawan, MM. Hampir seluruh kursi yang disediakan oleh panitia terisi oleh kedatangan tamu undangan. Tamu-tamu yang hadir diantara lain Forkopimda Kab. Bengkayang, Jajaran SKPD, Instansi Vertikal, Lembaga Sosial Masyarakat, Tim PKK, GOW, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para Kepala Desa Se-Kabupaten Bengkayang. Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Sy. Machmud, SH. juga turut hadir berbaur bersama para tamu undangan lainnya.

Acara dimulai tepat pukul 11.00 WIB, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh hadirin di Aula lt. V kantor Bupati “Satu Atap”. Lalu dilanjutkan dengan sambutan Bupati Bengkayang Suryadman Gidot, M. Pd. Dalam sambutannya Bupati Bengkayang mengucapkan banyak terima kasih kepada Danrem 121 Alambhana Wanawai Sintang Brigjen TNI Bambang Ismawan, MM yang bersedia memenuhi undangan dari Pemda Bengkayang. Beliau juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar semuanya bergandengan tangan dan bahu membahu dalam menciptakan keamanan, kenyamanan dan ketertiban di Kabupaten Bengkayang, sebab keamanan bukan hanya tugas TNI-Polri masyarakat juga punya peran penting dalam menjaga keamanan terutama didaerahnya masing-masing. Bupati Bengkayang juga menghimbau agar mendengarkan dengan seksama materi wawasan kebangsaan  yang akan disampaikan oleh Danrem ABW/121 setelah sambutannya.

Sebelum menyampaikan materi ada penyerahan Buku dari PT. Erlangga kepada Danrem ABW/121, Bupati Bengkayang dan Anggota Forkopimda Bengkayang, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata dari Bupati Bengkayang kepada Danrem ABW/121 yang disambut tepuk tangan para hadirin. Selanjutnya adalah penyampaian materi wawasan kebangsaan oleh Danrem 121 Alambhana Wanawai Sintang Brigjen TNI Bambang Ismawan, MM. sebelum menyampaikan materi Danrem terlebih dahulu memperkenalkan diri secara singkat, yang ternyata pada saat pendidikan TNI 29 tahun silam, Danrem ini pernah berlatih di daerah Kec. Lumar, Kab. Bengkayang bersama rekan-rekannya. Tak lupa beliau menjelaskan secara singkat jenjang karirnya hingga menjadi Danrem ABW/121.

Dalam menyampaikan materi wawasan kebangsaan dihadapan seluruh hadirin, Danrem tidak hanya berdiam diri di podium namun bergerak bebas dihadapan hadirin. Dengan menggunakan alat pendukung berupa proyektor, materi wawasan dijabarkan satu persatu. Danrem ini mengangkat isu Proxy war, yang mana dalam proxy war ini banyak Negara yang berupaya mendapatkan kepentingan strategisnya. Kepentingan strategis itu berupa perebutan sumber energy dan persaingan ekonomi. Selain itu beliau mengajak agar semua yang hadir agar mewaspadai gerakan terorisme dan penyebaran narkoba, jaga baik-baik dan peringatkan anak-anak kita agar jangan sampai terkena pengaruh negatif dari narkoba. Karena anak-anak kita adalah generasi penerus yang pada masanya nanti akan menjadi pemimpin/pengambil keputusan dimasa depan, apa jadinya kalau masa mudanya telah dirusak oleh narkoba, Negara kita bisa terancam ‘lost generation’. “Mari selamatkan generasi muda dari bahaya laten narkoba!,” seru mantan Paspampres ini.

Danrem ABW/121 ini juga menyampaikan perlunya meningkatkan dan mengoptimalkan pembanguan di perbatasan, TNI siap membantu dan menjaga di wilayah perbatasa, jangan sampai sedikit demi sedikit wilayah kita diserobot oleh Negara jiran. Diakhir materinya beliau mengajak dimasa yang telah dekat dengan pemilukada ini agar masyarakat jangan mau diadudomba, apabila mendapatkan berita yang beredar di media sosial agar jangan terprovokasi langsung, pastikan dulu kebenarannya karena bias jadi berita kita terima adalah hoax. “Bijaksanalah dalam menggunakan sosial media,” ujar ayah dari 3 putri ini.

Diakhir mata acara adalah tanya jawab. Danrem mempersilahkan beberapa orang yang ingin bertanya dan akan dijawab langsung. Setelah berakhir tanya jawab dilanjutkan dengan ramah tamah dan jamuan makan siang di Aula terbuka sayap kiri. (akhzari)

Berita: