Menyusul purna tugasnya salah satu Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kota Pontianak, Mas Hadran, A.Md, pada Bulan Desember tahun 2017 lalu, sejumlah Guru PAI yang sebelumnya menjadi binaan Pengawas Kemenag ini datang ke Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak. Kedatangan beberapa Guru PAI tersebut guna mempertanyakan siapa Pengawas PAI yang menjadi pengganti dari Mas Hadran.

Terkait hal tersebut, Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak, Drs H Ahmad Hanafi MSi yang ditemui di ruang kerjanya, Jumat (9/2/2018) menuturkan bahwa memasuki semester genap Tahun Pelajaran 2017/2018, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak telah mengeluarkan surat keputusan terkait wilayah tugas Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak.

Dijelaskan Ahmad Hanafi, Surat Keputusan dengan Nomor 194 Tahun 2018 tentang Revisi Penetapan Lokasi Wilayah Tugas Pengawas Pendidikan Agama Islam Tingkat TK/SD, SMP, SMA/SMK di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak Tahun 2017/2018, ditetapkan pada tanggal 10 Januari 2018, dan ditandatangani langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak, H Azharuddin Nawawi SAg.

Berdasarkan Surat Keputusan tersebut ditetapkan sebagai berikut:

  1. Mawardi, S.Pd.I (Pengawas PAI tingkat TK/SD), dengan wilayah tugas di Kecamatan Pontianak Utara (atau seluruh TK/SD yang ada di Kecamatan Pontianak Utara), serta di  Kecamatan Pontianak Timur (SDN 02, 03, 04, 05, 06, 07, 09, 10, 11, 12, 13, 14, 16, 18, 21, 23, 25, 27, 28, dan 29).
  2. H. Abdul Karim, S.Ag (Pengawas PAI tingkat TK/SD), dengan wilayah tugas di Kecamatan Pontianak Barat (atau seluruh TK/SD yang ada di Kecamatan Pontianak Barat), serta di Kecamatan Pontianak Tenggara (SDN 19, 24, 26, 32; SD Pertiwi, SD Al Madani, SD Islamiyah, dan SD Al Karimah).
  3. Dra. Syariah, S.Pd (Pengawas PAI tingkat TK/SD), dengan wilayah tugas di Kecamatan Pontianak Kota (atau seluruh TK/SD yang ada di Kecamatan Pontianak Kota), serta di  Kecamatan Pontianak Tenggara (SDN 09, 27, 31, 37; SD Islam Al Azhar, SD Islam Al Mukhlisun, SD Cemerlang, SD Bina Mulya, dan SD Globel Maju).
  4. Hadari, S.Pd.I (Pengawas PAI tingkat TK/SD), dengan wilayah tugas di Kecamatan Pontianak Selatan (atau seluruh TK/SD yang ada di Kecamatan Pontianak Selatan), serta di  Kecamatan Pontianak Timur (SDIT Haruniyah, dan SD Plus Bina 45).
  5. Syafe’i, S.Ag (Pengawas PAI tingkat SMP, SMA/SMK), dengan wilayah tugas seluruh SMP Se Kota Pontianak.
  6. Sya’rani, S.Ag (Pengawas PAI tingkat SMP, SMA/SMK), dengan wilayah tugas seluruh SMA/SMK Se Kota Pontianak.

Keputusan terkait wilayah tugas Pengawas PAI tersebut berlaku sejak tanggal 1 Januari 2018 sampai dengan akhir semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Dengan ditetapkannya kembali wilayah tugas pengawas tersebut, Ahmad Hanafi berharap seluruh Pengawas PAI bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga seluruh Guru PAI Kota Pontianak bisa mendapatkan pengawasan dan pembinaan yang lebih baik dari sebelumnya.*(Sumi/Ptk) 

Berita: