Bismillah…

Kita pasti menginginkan menjadi manusia yang baik. Apalagi jika yang menyebutkan predikat manusia terbaik itu keluar dari lisan Rosulullah yang kita ketahui bahwa Rosulullah tidak akan berbicara semau hatinya, melainkan karena bimbingan atau wahyu dari Allah.

Penyebutan “Manusia Yang  Terbaik” banyak tertera Dalam Hadits-hadits Yang Shahih. Dengan mempelajari ini, kita berharap menjadi salah satu manusia terbaik yang disebutkan dalam hadits-hadits shohih berikut:

١- "خيركم من تعلم القرآن وعلمه".(Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al Qur'an dan mengajarkannya). (HR Bukhari)

Hadits ini bisa menjadi motivasi bagi kita untuk sungguh-sungguh mempelajari alqur’an, makna dan arti yang terkandung di dalamnya, hukum yang terkait dengan pembacaannya dan lain sebagainya. Dan hendaknya kita juga berniat dan semangat untuk mengajarkannya. Maka berusahalah untuk menjadi orang pertama yang mengajarkan alqur’an minimal kepada anak-anak kita

  ٢- "خياركم أحاسنكم أخلاقا". (Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik akhlaknya). (HR Bukhari)

Ini harusnya menjadi motivasi bagi kita agar senantiasa berakhlak baik kepada semua orang: suami atau istri, orang tua, tetangga, rekan kerja maupun kepada anak-anak kita. Jaga lisan dan perbuatan kita. Jangan sampai kehadiran kita di lingkungan sekitar kita, seperti duri dalam daging yang menyakiti orang lain.

٣- "خيركم أحسنكم قضاء" (Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik ketika membayar hutang). (HR Bukhari)

Berhutang bukanlah sesuatu yang ringan. Bahkan Rosulullah berdoa agar dijauhkan dari hutang. Namun jika kita terpaksa berhutang, maka berusahalah untuk membayarnya dengan cara yang baik: membayar tepat waktu bukan malah mengulur-mengulur waktunya, membayar dengan yang lebih baik bukan mengurangi jumlah maupun takarannya dan lain sebagainya.

٤- خيركم من يُرجى خيره ويُؤمٓن شره".(Sebaik-baik kalian adalah seorang yang diharapkan kebaikannya dan manusia merasa aman dari kejelekannya). (Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

Berusahalah untuk menjadi manusia yang senantiasa diharapkan kebaikannya, mudah dimintai pertolongan, dan jadilah tempat yang siapapun berada di sisi kita, mereka merasa aman dari gangguan dan kejelekan kita.

٥- "خيركم خيركم لأهله". (Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya),(Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani)

Mari kita berusaha untuk menjadi pribadi yang paling baik akhlaknya kepada keluarga kita. Menjadi pribadi yang lembut, suka menolong, tidak kasar, tidak pelit, penuh kasih sayang, saling menjaga perasaan, dan akhlak mulia lainnya

٦-"خياركم في الجاهلية خياركم في الإسلام إذا فقهوا". (Sebaik-baik kalian dimasa jahiliyyah adalah manusia yang terbaik didalam Islam jika ia memiliki pemahaman).(Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani). Ini menjadi motivasi bagi kita agar berusaha mempelajari islam secara menyeluruh berdasar alqur’an dan sunnah yang sesuai dengan pemahaman para ulama.

٧-"خيركم من أطعم الطعام، و ردَّ السلام"(Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makan dan menjawab salam."(Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani). Ayo,,,semangat lagi memberikan makan dan jangan malas menjawab salam. Ini mudah namun sering terabaikan.

٨- "خياركم ألينُكم مناكب في الصلاة". (Sebaik-baik kalian adalah yang paling lembut bahu-bahunya ketika shalat). (Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani). Ini maksudnya adalah lemah lembut di dalam pengaturan shaf.

٩- " خياركم الذين إذا رُؤوا ذُكِرَ اللهُ ". (Sebaik-baik kalian adalah yang jika ia bermimpi maka segera mengingat Allah). (Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani)

١٠"خير الناس من طال عمره وحسن عمله". (Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalannya). (Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani)

١١- "خير الناس أنفعهم للناس". (Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia). (Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani).  Mari berusaha untuk menjadi manusia yang bermanfaat, bermanfaat bagi keluarga, lingkungan kerja, masyarakat dan agama. Mari menjadi manusia yang kehadirannya diharapkan.

١٢-"خير الأصحاب عند الله خيركم لصاحبه ، وخير الجيران عند الله خيركم لجاره ". (Sebaik-baik teman disisi Allah adalah yang paling baik terhadap temannya, dan sebaik-baik tetangga disisi Allah adalah yang paling baik terhadap tetangganya). (Dishahihkan Oleh Syaikh Al Albani)

Semoga predikat “manusia terbaik” di atas dapat kita raih, jika pun kita tidak meraih semuanya, paling tidak kita bisa meraih salah satu di antaranya. Aamiin

Penulis Opini: 
Herlin S.Pdi, Penyuluh Agama Islam Kementerian Agama Kota Singkawang