Rabu, 5 Juni 2013 – Pendis & Madrasah
Rakor Bidang Pendidikan Madrasah

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI secara nasional telah mengembangkan kebijakan dan program-program strategis yang merupakan pengejawantahan langsung dari kebijakan-kebijakan umum yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama. Kebijakan strategis merupakan penjabaran langsung dari visi dan misi mencakup berbagai inisiatif yang bersifat strategis untuk mencapai sasaran kebijakan umum Direktorat Jendral pendidikan Islam.

Untuk dapat menjawab segenap permasalahan dan tantangan yang dihadapi oleh seluruh lembaga pendidikan Islam di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Barat, maka Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat menggelar Kegiatan Rapat Kerja Bidang Pendidikan Madrasah Tingkat Provinsi Se-Kalimantan Barat Tahun 2013, selama 3 hari mulai tanggal 3 s.d. 5 Juni 2013 bertempat di Hotel Kartika Jl. Rahadi Usman Pontianak.

Dalam laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Drs Agus Sofwan pada acara pembukaan menjelaskan bahwa peserta Kegiatan ini seluruhnya berjumlah 77 orang yang terdiri dari 14 orang Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kab/Kota, 23 Kepala MIN, 25 Kepala MTsN, dan 15 Kepala MAN se-Kalimantan Barat. Peserta akan dibagi dalam 3 Komisi yaitu Komisi A, Komisi B, dan Komisi C.

“Sedangkan Pemaparan Program sekaligus sebagai narasumber akan disampaikan oleh Kabid Pendidikan Madrasah, Kasi Kurikulum dan Evaluasi, Kasi Pendidik dan Tenaga Kependidkan, Kasi Sarana dan Prasarana, Kasi Kesiswaan dan Kasi Kelembagaan Madrasah Kanwil Kemenag Kalbar. Adapun materi yang disampaikan adalah Program Peningkatan Mutu Kualitas Kurikulum dan Evaluasi pada MI, MTs, dan MA Se Kalimantan Barat yang akan dibahasa oleh Komisi A. Program Peningkatan Mutu Kualitas Sarana dan Kelembagaan pada MI, MTs dan MA Se Kalimantan Barat yang akan dibahas oleh Komis B. Dan Program Peningkatan Mutu Kualitas Guru dan Kesiswaan pada MI, MTs, dan MA Se-Kalimantan Barat yang akan dibahas oleh Komisi C. Sedangkan Metode yang digunakan adalah metode Ceramah, Tanya jawab, Diskusi dan lain-lain”. Tambah Agus.

Kegiatan Rapat Kerja Bidang Pendidikan Madrasah Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2013 dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat H.M. Husain D Mahmud. Dalam arahannya Husain menjelaskan permasalahan dan tantangan pokok yang menjadi perhatian dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan Islam di Kalimantan Barat antara lain:1. Rendahnya Kualitas Sarana Fisik;2. Rendahnya Kualitas Guru;3. Rendahnya Kesejahteraan Guru;4. Rendahnya Prestasi Siswa5. Kurangnya Pemerataan Kesempatan Pendidikan6. Rendahnya Relevansi Pendidikan dengan Kebutuhan;7. Mahalnya Biaya Pendidikan.

Husain menambahkan “Dari permasalahan dan tantangan tersebut maka secara umum arah kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam mencakup 3 (tiga) tema kebijakan startegis yaitu : (1) Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan, diharapkan pendidikan Islam sendiri ikut memberikan solusi dan kontribusi positif bagi permasalahan pendidikan Nasional. (2) Peningkatan Mutu, Relevansi dan Daya Saing Pendidikan, diarahkan pada peningkatan mutu pendidikan Islam sehingga dapat memenuhi Standar Nasional Pendidkan (SNP) yang mencakup 8 (delapan)komponen: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. (3) Peningkatan Tata Kelola, Akuntabilitas, dan Pencitraan, meliputi sistem pembiayaan berbasis kinerja, baik di tingkat satuan Pendidikan Islam maupun pemerintah daerah dan manajemen berbasis sekolah (MBS), untuk membantu pemerintah dan pemerintah daerah dalam mengalokasikan sumberdaya serta memonitor kinerja Pendidikan Islam secara keseluruhan. Dipenghujung arahannya Kakanwil berharap semoga kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan menghasilkan action plan yang bermuara pada peningkatan mutu pendidikan Madrasah serta peningkatan mutu pendidikan secara umum di Kalimantan Barat.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.039058 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 450495
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.