Kamis, 27 Juni 2013, 09:03 – Kankemenag
Aplikasi Data Perencanaan ( ADP ) Sebagai Data Dasar Pagu Indikatif

Hari pertama kegiatan Sosialisasi Aplikasi Data Perencanaan Tahun Anggaran 2013 di lingkungan Kanwil Kemenag Prov.Kalbar pada hari Selasa 24 Juni 2013 di Hotel Kapuas Dharma Pontianak, antara lain materinya APLIKASI DATA PERENCANAAN (ADP) SEBAGAI DATA DASAR PAGU INDIKATIF. Adapun Narasumbernya adalah H. Darohman, S.Ag, M.Si (Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Prov.Kalbar ) beliau menyampaikan hal-hal terkait dengan aplikasi data perencanaan diantaranya

Aplikasi Data Perencanaan Kementerian Agama Merupakan aplikasi yang dibangun untuk menghasilkan Angka Dasar Perencanaan yang sama, valid, akurat, dan up to date di lingkungan Kementerian Agama

Dasar Umum Informasi Data Perencanaan Kementerian Agama: KMA Nomor 85 Tahun 2008; Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN); Kebijakan Umum Presiden(PP, Kepres, Inpres); Kebijakan Menteri; Kebijakan Daerah (Gubernur, Ka Daerah, Kanwil); Masukan dari Pejabat, Informasi Penting Publik.

Data, Perencanaan dan Anggaran Para Perencana harus mampu merespon segala perubahan dan perkembangan pembangunan dengan cara menyusun program obyektif, integratif, aspiratif dan realistis yang didukung oleh data Perencanaan yang valid, akurat dan realibleKebutuhan Data Perencanaan Sebagai data pendukung perencanaan guna penyusunan program, anggaran dan kegiatan Kementerian Agama;  Kebutuhan data dalam Perencanaan bersifat segera; Pengumpulan dan pengolahan data Kementerian Agama dilakukan oleh masing-masing eselon, sehingga banyak terdapat sistem-sistem aplikasi pengolahan data seperti : EMIS, SISKOHAJ, SIMPEG dsb. ADP sebagai alternatif utama dalam penyusunan program, Anggaran dan Kegiatan.

Tahapan Pengumpulan Data :Awal Tahun : JANUARIFEBRUARI(LANGKAH I )1. Kanwil melakukan konfirmasi data dari seluruh satker2 sampai ke tingkat Madrasah;2. Data dari Madrasah dikirim ke tingkat Kab/Kota, setelah digabung selanjutnya dikirim ke Provinsi;3. Data yang dikirim dari gabungan Kab/Kota ke Kanwil akan dikirim ke tingkat Pusat.

(LANGKAH II )1.Setelah konfirmasi data: – Data harus valid dan dibandingkan dengan data tahun sebelumnya, jangan sampai ada data yang terlalu melonjak atau berkurang jauh.2.Di dalam data yang dikeluarkan harus diketahui oleh Pimpinan satker dalam bentuk Lembar Konfirmasi (LK) secara berjenjang (dari LK Madrasah, LK Kan-Kemenag Kab/Kota, LK Kanwil Prov).3. Data yang diolah melalui ADP hanya 1 X dalam 1 Tahun, kecuali ada update perbaikan yang mendadak.

MARETAPRIL(LANGKAH III )1. Setelah hasil konfirmasi, data akan dilanjutkan ke jenjang eselon I yang disandingkan dengan data LK Kanwil untuk cross check data.2. Berikutnya setalah cross check data dengan eselon I, dikirim kembali ke satker daerah (Kanwil) untuk dilakukan Update Data oleh masing2 daerah3. Hasil Update Data inilah sebagai Data Dasar Penyusunan PAGU INDIKATIF MEIJUNI(LANGKAH IV )

1.Pusat melakukan konfirmasi data kembali ke Satker (Kanwil) tentang perubahan2 data : – siswa yang yg lulus – siswa yang naik kelas – siswa yang drop out – pegawai baru – dsb2. Untuk disesuaikan kembali sebagai data PAGU DEFINITIFPermasalahan Aplikasi Data Perencanaan :1. Aplikasi ADP belum ada Update terbaru, yang terakhir Juli dan agustus 2012;2. Masih ada pemahaman dari satker daerah bahwa ADP belum dipakai dalam pelaksanaan Penyusunan Program, Anggaran dan Kegiatan;3. Karena setiap satker mengisi data langsung, dimungkinkan dapat menggelembungan data;4. Tugas Kanwil menjadi bertambah lagi yaitu harus mengolah data dari satker2 di bawahnyaJumlah peserta yang hadir 105 orang yang berasal dari 14 Kantor Kementerian Agama Kabupaten /kota Se-Kalimantan Barat. Diantaranya Kasubbag Tata Usaha dan Operator Aplikasi Data Perencanaan (ADP) Kankemenag Kab/Kota dan madrasah negeri, Staf Penyusun ADP pada Bidang/Pembimas/Subbag Kanwil Kemenag Kalbar .Hadir dari Kantor Kemenag Kota Pontianak Kasubbag Tata Usaha Abdul Bar, S.Ag.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.120100 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.72
Jumlah pengunjung: 747203
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.