Kamis, 27 Juni 2013, 10:39 –
MTQ Nasional Tingkat Mahasiswa Tahun 2013

Musabaqah Tilawatil Qur`an Mahasiswa Tingkat Nasional ke 13 dari Tanggal 23 – 29 Juni 2013 di laksanakan di Provinsi Sumatera Barat, dengan berlokasi di 2 perguruan tinggi besar disana, yaitu Universitas Andalas dan Universitas Negeri Padang, Sumatera Barat. Dalam event nasional bagi mahasiswa ini cabang yg dilombakan 12 cabang perlombaan 1. Tilawah Qur`an 2. Tartil Qur`an 3. Hifzil Qur`an 1 Juz, 2 Juz dan 5 juz. 4. Qira`at Sab,ah Alqur`an 5. Khathil Qur,an 6. Fahmil Qur,an 7. Syarhil Qur,an 8. Debat Bahasa Inggris Mengenai Kandungan Alqur,an 9. Debat Bahasa Arab Kandungan Alquran 10. Karya Tulis Ilmiyah Kandungan Alqur,an. Untuk Kalimantan Barat sendiri, mahasiswa yang berangkat diwakili oleh Universitas Tanjungpura Pontianak. Jumlah rombongan dari UNTAN sebanyak 31 orang. Dengan mengikuti 6 cabang yaitu, Tilawah Putra dan Putri. Hifzil Qur`an 1 Juz Putra dan Putri. Hifzil Qur`an 2 Juz Putra dan Putri. Tartil Qur`an Putra dan Putri. Khathil Qur`an Putra. Debat Bahasa Inggris 1 regu dengan 2 orang peserta. Dalam Musabaqah Tilawatil Qur`an Tingkat Mahasiswa ini, untuk tilawah dan khothil qur`an didampingi oleh Drs.H.Lukmanul Hakim yang juga Kasi Penyuluh pada Kanwil Kementerian Agama Prov.Kalimantan Barat. Sedangkan untuk debat bahasa Inggris mengenai kandungan Alqur`an di asuh dan dilatih oleh Dr.H.Uray Salam. Penyelenggaraan MTQ Nasional Mahasiswa Tahun 2013 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat memiliki Tema : ”MEMBENTUK MAHASISWA YANG BERIMAN, BERTAQWA DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”. MTQ Nasional antar perguruan Tinggi se-Indonesia Tahun 2013 memiliki tujuan sebagai berikut :1. Meningkatkan Pemahaman Al-Quran dikalangan Mahasiswa melalui pendalaman dan pengamalan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan.2. Mengaktualisasikan nilai-nilai kandungan Al-Quran di kalangan Mahasisiwa dalam kehidupan.3. Meningkatkan Ukhwah Islamiyah melalui budaya baca Al-Quran pada MTQ antar Perguruan Tinggi se-Indonesia.4. Melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia berkenaan dengan Al-Quran.

Ajang ini disamping lebih mendekatkan kepada mahasiswa terhadap Al Quran sebagai pegangan hidup dunia dan akhirat, juga mempererat sillaturrahmi kaum muda muslim, dan dapat memperlihatkan kepada mahasiswa seluruh mahasiswa Indonesia terhadap falsafah masyarakat Sumatera Barat yang menganut filosofi “Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah”.

MTQ Mahasiswa Nasional XIII tahun 2013 akan diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia. Diperkirakan peserta akan datang mengikuti acara ini sebanyak 3.000 orang dengan pendamping 1.000 orang. Dengan demikian MTQ Mahasiswa Nasional 2013 akan memberikan dampak terhadap perkembangan generasi muda, pariwisata, dan pertumbuhan ekonomi Sumatera Barat umumnya dan Kota Padang khususnya. Selain itu kegiatan ini secara tidak langsung akan memperkenalkan Sumatera Barat kepada peserta dan pendamping dalam kerangka NKRI.

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.060333 detik
Diakses dari alamat : 10.1.7.64
Jumlah pengunjung: 774578
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.