Rabu, 22 Januari 2014, 10:14 – Kemenag Kab/Kota Kalbar
Kemenag Kabupaten Pontianak Sosialisasikan SKP

Sasaran Penilaian Kerja (SKP) adalah uraian tugas yang cara perhitungannya mudah dan jelas, karena berupa aplikasi exel, dimana setiap pegawai bisa mengaplikasikannya. Pada hari Selasa (21/01/14) setelah apel pagi dilaksanakan sosialisasi SKP oleh Kasubag TU Bapak Kamaludin, S.Pd.I di Aula Kementerian Agama Kabupaten Pontianak pada pukul 08.00, yang diikuti oleh seluruh pegawagai Kantor Kementerian Agama sebanyak 53 orang.

Dalam penjelasannya Kamaludin memaparkan SKP pada tahun 2014 ini akan dilaksanakan oleh seluruh pegawai Kementerian Agama. Pegawai akan mencatat apa yang telah di catat sesuai dengan uraian tugas masing-masing. Sehingga dengan diberlakukannya SKP nantinya DP3 sudah teraplikasi dengan otomatis, jelas, terukur dan bisa dipertanggung jawabkan, sehingga memudahkan atasan untuk melakukan penilaian dalam melakukan kebijakan nantinya.

Kamaluddin juga menjelaskan pegawai harus bisa melaksanakan uraian kerja masing-masing. Penilaian Perilaku Kerja terhadap pegawai tidak boleh melebihi nilai 100. Adapun aspek yang menjadi penilaian adalah (1) orientasi pelayanan, (2) integritas, (3) komitmen, (4) disiplin, (5) kerjasama dan (6) kepemimpinan bagi pejabat struktural. Semua hal tersebut dilaksanakan berdasarkan pengamatan pejabat penilai terhadap PNS yang dinilai dengan indikator yang sudah jelas.

Rincian kegiatan yg dapat di nilai dalam SKP adalah (1) rincian / uraian tugas jabatan sehari hari berupa: catatan hasil (output) yang dikerjakan dalam tugas sehari hari yg dapat diukur, relevan, jelas, memiliki target waktu dan dapat dicapai. (2) tugas tambahan yakni berupa tugas yg diberikan pimpinan atau pejabat penilai yg berkaitan dengan tugas jabatan dibuktikan melalui surat keterangan (3) menunjukan kreativitas bermanfaat bagi organisasi dalam melaksanakan tugas jabatan juga bisa dibuktikan dengan surat keterangan.

Begitu juga dengan jenis hukuman, pegawai nantinya harus berhati-hati dan tidak terjerumus, sehingga bisa terkena sanksi hukuman yang ada. Terdapat tiga jenis hukuman disiplin yaitu (1) hukuman disiplin ringan berupa: teguran lisan, teguran tertulis dan pernyataan tidak puas secara tertulis, (2) hukuman disiplin sedang berupa: penundaan KGB selama 1 tahun, penundaan KP selama 1 tahun dan penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 1 tahun. (3) hukuman disiplin tingkat berat berupa: penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, pemindahan dalam rangka penurunan jabatan setingkat lebih rendah, pembebasan dari jabatan dan pemberhentian dengan hormat dan tidak dengan hormat sebagai PNS. (RUDI).

FAQ
Back to Top Halaman ini diproses dalam waktu : 0.049626 detik
Diakses dari alamat : 103.7.12.68
Jumlah pengunjung: 718782
Lihat versi mobile
Best Viewed with Mozilla Firefox 1280X768
© Copyright 2013 Pusat Informasi dan Humas Kementerian Agama. All Rights Reserved.