Masyarakat Kabupaten Sanggau saat ini boleh berbangga hati. Ada bangunan masjid yang megah dan bisa dibanggakan kepada orang luar Sanggau, yaitu Masjid Agung Al Muawanah. Setelah sekitar 2 tahun mengalami renovasi dan pemugaran, kini mulai nampak kondisi bangunan yang begitu megah, indah dan menawan hati.

Panitia Renovasi Masjid Agung Al Muawanah Abang Nabhan BcHk menyampaikan bahwa sampai saat ini pembangunan masjid sudah mencapai 90%. Beberapa ruangan telah selesai dibangun antara lain ruang utama, perpustakaan, kubah masjid serta interior dekorasi hiasan ruang masjid. Memang, baik ketika melihat dari luar sudah nampak kemegahan dan keindahan masjid ini. Mulai dari warna cat kuning sebagai khas warna Melayu, bentuk kubah ataupun juga hiasan eksterior masjid.

Ketika memasuki ruang utama masjid, akan terasa sekali suasana kekhusukan nan pastinya kemegahan masjid ini. Ruang Imam yang luas, berpadu dengan begitu indah dengan mimbar khotbah disampingnya menampilkan pemandangan syahdu. Tiang-tiang penyangga berbahan beton juga nampak kokoh dan indah dengan hiasan dekoratif. Begitu juga dengan lampu ruangan yang semakin menampakkan kemegahan, keindahan sekaligus kesejukan masjid ini.

Menurut Nabhan, kelancaran proses renovasi masjid Agung Al Muawanah tidak terlepas dari partisipasi seluruh masyarakat kabupaten Sanggau maupun unsur pemerintah. Pemerintah Kabupaten Sanggau tercatat sudah 3 kali mengucurkan dana APBD untuk pembangunan masjid ini. Begitu juga dengan para PNS di Kabupaten Sanggau juga telah memberikan infaq dari penghasilan yang diterima. Belum lagi para donatur yang beramal baik secara terang-terangan ataupun tidak mau disebutkan namanya turut memberikan kontribusi untuk kelancaran pembangunan masjid.

Untuk selanjutnya menurut Nabhan tinggal renovasi beberapa bangunan antara lain tempat wudlu dan halaman masjid. Direncanakan tahun ini panitia akan mengajukan permohonan bantuan ke provinsi. Semoga berhasil dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sanggau. Demikian tutur Nabhan (Fathur).

Berita: