SAMBAS-Pemerintah Daerah Kab.Sambas tahun 2016 akan mengadakan kembali sidang istbat nikah gratis bagi masyarakat yang tidak mampu. Tahun ini kegiatan sidang istbat nikah akan dilaksanakan di enam kecamatan, yakni Selakau, Selakau Timur, Salatiga, Pemangkat, Semparuk dan Jawai Selatan. Sidang akan dilaksanakan di dua lokasi, di Kecamatan Selakau dan Kecamatan Pemangkat. Hal ini sebagaimana terungkap pada saat Rapat Koordinasi pelaksanaan Istbat Nikah tahun 2016 di Ruang Reformasi Birokrasi Kantor Bupati Sambas, Senin (7/3).

Rapat koordinasi dipimpin oleh Asisten II Bupati Sambas dan Kabag Kesra, yang dihadiri oleh unsur dari Kementerian Agama seksi Urais dan Binsyar, Pengadilan Agama (PA), Dinas Dukcapil, Kepala KUA, Camat dan Penanggungjawab kegiatan. Tahun ini peserta istbat nikah sebanyak 100 pasang. Selakau 20 pasang, Selakau Timur 15 pasang, Salatiga 15 pasang yang pelaksanaan sidangnya dipusatkan di Selakau. Sedangkan Pemangkat 20 pasang, Jawai Selatan 15 pasang dan Semparuk 15 pasang, pelaksanaan sidangnya akan dilaksanakan di Pemangkat,papar Rahmat, Kabag Kesra Pemda Sambas.

Selanjutnya Rahmat memaparkan calon peserta istbat mestilah pasangan yang tidak mampu secara ekonomi, peristiwa pernikahannya sampai dengan tahun 2000, mengisi formulir yang disediakan PA dengan benar dan lengkap, dan calon peserta harus hadir serta membawa saksi pada pelaksanaan sidang istbat. Secara teknis calon peserta mendaftarkan diri ke KUA Kecamatan setempat, kemudian KUA akan mendata dan memperifikasi usulan calon sesuai dengan kuota dengan berkoordinasi dengan Camat setempat dan PA. Bulan April kita akan mengadakan sosialisasi ke Kecamatan. Bulan Juni usulan tersebut telah masuk ke Pemda, Insya Allah bulan Oktober 2016 jika tidak ada halangan sidang isbatnya akan dilaksanakan,tambah Rahmat. (rdn)