Putussibau – Kapuas Hulu, Pelayanan terpadu Sidang Isbat Nikah yang terjalin dari sinergritas antara tiga instansi di Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Pengadilan Agama Putussibau, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kapuas Hulu serta tidak lepas juga dukungan dan perhatian  dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam hal ini Bupati dan jajarannya.

Kegiatan pelayanan terpadu yang dilaksanakan di Gedung Arung Betemu Kecamatan Embaloh Hilir Senin (28/9/2020) yang diikuti oleh tiga belas pasangan suami istri. Pelayanan terpadu yang dikenal dengan one day service artinya dalam pelayanan terpadu ini tiga belas  pasangan suami istri yang disahkan melalui isbat nikah yang mana syarat dan rukun nikahnya terpenuhi maka Pengadilan Agama mengeluarkan produk berupa Penetapan, Kementerian Agama mengeluarkan produk Buku Kutipan Akta Nikah dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengeluarkan produk Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga.

Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah terutama peningkatan pelayanan publik dengan tujuan untuk tertib administrasi dalam penyelenggaraan urusan pemerintah. Selain itu juga untuk memperoleh kepastian hukum baik terhadap suami istri maupun terhadap anak dan banyak hal mungkin nanti menyangkut hal warisan.

Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat  Kabupaten Kapuas Hulu untuk memperoleh kepastian hukum yang pernikahannya sah secara agama tetapi belum tercatat secara negara.

Diakhir kegiatan penyerahan produk hasil dari Isbat Nikah kepada Pasutri yang mana Dokumen Kependudukan diserahkan langsung oleh Bupati Kapuas Hulu, Hasil Putusan Sidang diserahkan oleh Ketua Pengadilan Agama Putussibau dan Buku Nikah diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu.