Ngabang ( Selasa,5/1/2021 ) Kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Landak , menggelar upacara peringatan Hari Amal Bhakti ( HAB ) ke-75 tahun 2021 di halaman Kantor Kemenag.

Kepala Kemenag , Drs. H. Mukhlis, M.Pd.  bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam Kesempatan tersebut, beliau membacakan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas.

Menteri Agama mengatakan bahwa tema HAB Kemenag RI saat ini adalah " Indonesia Rukun". Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan , akan sulit menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.  Pengembangan toleransi dan kerukunan  merupakan karya bersama para tokoh agama, menteri agama dan Aparatur Kementerian Agama dari masa ke masa.Kita mengembangkan moderasi beragama, agar toleransi dan kerukunan yang sudah ada lebih mengakar  di dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila adalah ideologi pemersatu yang merangkum nilai-nilai keIndonesiaan sebagai bangsa yang beragama.

Menag juga menggelorakan semangat " Kementerian Agama Baru " dalam kepemimpinannya. Semangat ini bisa diterjemahkan dengan beberapa kata kunci.

Pertama, Manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, Penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalahpada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, Persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Selanjutnya, penganugerahan tanda kehormatan satyalancana karyasatya dari Presiden RI , Joko Widodo kepada 19 Aparatur Sipil Negara ( ASN ) Kemenag Landak, yang diserahkan oleh KakanKemenag beserta Ibu dan didampingi oleh Kasubag TU, Hasib Arista, M.Pd.

Agenda berikutnya, Penyerahan piagam penghargaan ASN Berbudaya kerja, Haryanto Uar, S.Th.,M.Pd.K. Kemudian ,Penyerahan piagam penghargaan Kompetisi Sains Madrasah Online Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Ananda Zahra Asywa Athirah, asal MIN 2 Landak sebagai peringkat dua Matematika terintegrasi dan Anggi Sutiawati, MTsN Landak , peringkat tiga IPA terpadu terintegrasi.

Selanjutnya, penyerahan cindera mata kepada Ibu Ratna Juwita, yang memasuki purna tugas sebagai Kepala TU MTsN Landak. Kemudian Santunan Keluarga Besar Kemenag kapada masyarakat terdampak Covid-19, secara simbolis diserahkan oleh Kepala Kemenag Landak dan Ibu Ketua DWP Kemenag Landak.

Acara terakhir adalah pemotongan tumpeng dan kue serta ramah tamah Keluarga besar Kemenag Landak