Kepala Kemenag Sanggau Drs M Taufik dikenal sebagai figur yang bersahaja dan humoris. Kemampuan berkomunikasi ditambah dengan sikap yang rendah hati dan mau mendengar ini membuat M Taufik mampu diterima di semua elemen masyarakat, baik orang awam kebanyakan, ulama, tokoh agama dan juga di kalangan birokrasi. Begitu juga dengan orang nomor satu di Kabupaten Sanggau, yaitu Bupati Paolus Hadi, MIP segera saja akrab dengan figur Kakankemenag yang baru lima bulan menjabat ini.

Dalam beberapa forum formal, informal dan dialog antar SKPD, Bupati Sanggau selalu mengundang M Taufik untuk menghadirinya. Peran M Taufik tidak sekedar sebagai pembaca doa, seperti anggapan orang kebanyakan terhadap Kemenag, namun usulan, saran dan ide-ide nya selalu diminta oleh Paolus Hadi. Apalagi saat kondisi kehidupan berbangsa yang saat ini sedang terancam perpecahan, Bupati selalu meminta input dan saran dari M Taufik untuk mewujudkan ketenangan di dalam masyarakat Kabupaten Sanggau.

Satu sisi, dengan kemampuan pendekatan (personal approach) dari M Taufik ini, Paolus Hadipun juga memberikan beberapa komitmen terhadap Kemenag Sanggau. Antara lain niat dari Pemda Sanggau untuk memperhatikan para penyuluh agama, pemberian kemudahan pengurusan izin pendirian rumah ibadah dan pemberian bantuan pembangunan rumah ibadah. Terkait dengan KUA Entikong yang terkena pelebaran jalan di perbatasan, Paolus Hadi menjanjikan akan memberikan dukungan khususnya dalam upaya pencarian lokasi baru. (Fathur-Sanggau)