Kemarin, selasa (12/05/2015) mulai pukul 07.30 sampai dengan 09.00 WIB Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak melalui Seksi pendidikan Madrasah yang bekerjasama dengan para kepala madrasah mengelar upacara pembukaan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah Kota Pontianak.

Acara tersebut dilaksanakan di halaman MTs Negeri 1 yang beralamat di Jl. Alianyang, Pontianak. Kegiatan pembukaan yang dihadiri para kontingen dan official serta kepala madrasah dari MI,MTs,MA se-Kota Pontianak dimeriahkan dengan atraksi marching band Madrasah Aliyah Syarif Hidayatullah.

Kegiatan yang bertemakan Melalui Aksioma Kita Wujudkan Madrasah Yang Lebih Baik dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kota Pontianak Drs.H. Djafar.A, M.Si. Upacara yang menandakan dibukanya secara resmi Aksioma dalam rangka mencari bibit berprestasi ini dimulai dengan defile para masing-masing kontigen dari Jalan Alianyang memasuki halaman luas MTs N 1 Pontianak.

Kemudian dilanjutkan dengan penampilan Marching Band MAS Syahid, laporan ketua panitia , pembacaan janji atlet dan janji wasit, sambutan sekaligus pembukaan aksioma secara resmi oleh kepala kemenag kota pontianak.

Dalam laporannya ketua panitia mengatakan bahwa waktu pelaksanaan Aksioma adalah mulai hari ini sampai dengan hari jumat. Yaitu, hari ini pembukaan dilanjutkan dengan technical metting kemudian besok dilanjutkan dengan pertandingan dan akan ditutup pada hari jumat di halaman kantor kemenag kota pontianak,kata H. Makpul,S.Ag, M.Pd.

Kasi Pendidikan Madrasah itu juga menyampaikan jumlah peserta yang sudah mendaftar untuk mengikuti kompetisi dan tempat-tempat yang akan dipakai untuk pertandingan. peserta yang sudah mendaftar sampai saat ini 325 orang dari mulai MA, MTs dan MI. Tempat pertandingan di MAN 2 Lomba Pidato, MAS Al-Adaby lomba MTQ dan Kaligrafi, MAN 1 Lomba Tenis Meja dan Hadrah, MTs Al-Maarif Lomba Singer, terakhir Bulu tangkis di GOR Jl.Bukit Barisan, tuturnya.

Didalam sambutanya yang disaksikan oleh para siswa, dewan guru, kepala madrasah kota pontianak dan yang lainnya yang hadir , Drs. H. Djafar.A, M.Si mengatakan meriahnya acara pembukaan aksioma tahun 2015. Tahun ini alhamdulillah kita saksikan bersama-sama lebih semarak, mudah-mudahan acara ini menjadi suatu kesempatan kita semua khususnya generasi muda yang dibina dilingkungan madrasah.

Betapa banyak cabang yang akan dipertandingkan, kalian akan berkompetisi, kita akan melihat siapa diantara kalian yang terbaik. Yang terbaik nanti insyaallah akan dapat hadiah dan dikirim ke tingkat nasional, berusahalah terus kalian jangan menyerah katanya. Pada kesempatan tersebut pejabat nomor satu di lingkungan kankemenag kota pontianak ini membangkitkan semangat para siswa-siswi dan guru madrasah yang hadir.

madrasah harus hidup, biar madrasah itu berada di gang-gang tetapi pemikirannya, idenya melewati tembok-tembok besar . Boleh jadi dari segi lingkungannya masih dipandang sebelah mata oleh sebagian masyarakat, tetapi manfaat, pengaruh madrasah tanpa disadari sangat berarti bagi masyarakat khususnya kota pontianak.

Berapa ribu siswa-siswi yang didik di madrasah mulai dari RA, Ibtidaiyah, MTs, MA, ribuan. Itu adalah aset-aset bangsa, khususnya aset kota pontianak, ungkapnya penuh semangat. Pejabat yang sangat memfavoritkan tim sepak bola barca ini juga memotivasi para peserta didik yang hadir.

Kita bertekad mulai Aksioma ini kita jadikan siswa madrasah yang terbaik. Kita anti narkoba, narkoba haram membahayakan dan membinasakan, kita perangi narkoba, kita anti tawuran. Oleh karena itu melalui aksioma ini mari kalian semua sadari, kalian adalah generasi muda umat islam , kalian nanti yang akan mengantikan posisi-posisi kami disini oleh karena itu bekali diri kalian dengan kemampuan.

Gunakan masa muda kalian sebaik-baiknya , inilah saat kalian membekali diri untuk masa tua kalian nanti,insyaallah, ajaknya. Sebelum mengakhiri sambutannya dan membuka secara resmi Aksioma, KPA Kankemenag Kota Pontianak ini mengucapkan terima kasih kepada kasi madrasah, kepala madrasah dan semua pihak yang terkait dalam mewujudkan kegiatan ini, serta berharap kepada Allah SWT.

Mudah-mudahan kegiatan ini mendapat rahmat,bimbingan,lindungan dan ridha Allah SWT dalam rangka menciptakan generasi yang mulia, pungkasnya. (Gwn_Ptk).