Seperti biasanya, setiap senin pagi mulai pukul 07.30 sampai dengan 08.00 WIB di Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak yang beralamat di Jl. Zainuddin No.4 Pontianak melaksanakan kegiatan apel .

Kegiatan yang diikuti oleh para pegawai di lingkungan kankemenag kota pontianak tersebut adalah dalam rangka pembinaan oleh kepala kantor atau kasubbag tata usaha yang bertujuan agar para pegawai selalu melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai dengan peraturan.

Pagi ini, senin (11/5/2015) tampil sebagai Pembina Apel Kasubbag Tata Usaha H. Abdulbar,S.Ag, M.Pd menggantikan Drs. H. Djafar.A ,M.Si, hal tersebut dikarenakan Kepala Kemenag Kota Pontianak sedang dinas luar yakni mengikuti pertemuan di kantor gubernur.

Dalam pembinaannya H. Abdulbar,S.Ag, M.Pd mengucapkan terima kasih atas pemahaman yang semakin baik dari para pegawai terkait diberlakukannya absensi elektrik. Saya ucapakan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh karyawan-karyawati Kemenag Kota Pontianak karena beberapa bulan lalu kita telah menindaklanjuti hasil dari audit BPK yaitu dalam kaitannya dengan tukin sesuai dengan amanah PMA 49 tahun 2014.

Alhamdulillah setelah kita evaluasi sejalan dengan waktu, pro kontra, likaliku permasalahan, persepsi, pada hari ini saya merasa puas secara batin. Karena saya sudah melaksanakan amanah. Tidak ada lagi laporan dari operator absensi tentang ketidak puasan bapak ibu. Karena operator bukan alat pemuas tapi hanya melaksanakan perintah, ucapnya.

Hal tersebut dijelaskan oleh H. Abdulbar,S.Ag, M.Pd dengan indikasi positif yang diperlihatkan oleh para pegawai sampai saat ini. Dan kita sudah memahami, jadi tidak ada lagi laporan-laporan yang negatif, mudah-mudahan pemahaman ini dapat kita pertahankan dan bisa membuat mindset yang baru bahwa kita harus memahami aturan dulu ketika akan melaksanakan suatu langkah atau amaliah dalam bahasa agamanya.

Insyaallah, kalau kita sudah memahami aturan langkah kita akan lurus, jelasnya. Selain itu, pejabat yang aktif di kepengurusan LPTQ Kota Pontianak ini menghimbau para pegawai agar tertib dalam pelaksanaan administrasi . saya berharap agar penulisan nama, gelar para pejabat jangan sampai salah.

Kesalahan tulis nomor dan sebagainya harus bisa dipertanggungjawabkan, himbaunya. Terkait dengan perubahan pengelolaan dana BOS di tahun 2015 ini pejabat yang memfavoritkan tim sepak bola Barca tersebut meminta kepada staf kasi madrasah agar berhati-hati.

Terkait besarnya dana BOS madrasah saya minta kepada stafnya agar dibantu dan bekerja dengan baik dan bisa dipertanggung jawabkan karena uang itu bukan uang kita, itu hanya mampir kita yang ngerjakannya, itu uang BOS madrasah, ungkapnya. PPSPM kemenag kota pontianak tersebut meminta kepada para pengawas yang menghadiri kegiatan apel agar mengingatkan kepala madrasah terkait dana BOS penggunaanya sesuai aturan.

Saya berharap kepada para pengawas, tolong ingatkan para kepala madrasah agar dalam pemanfaatan dana BOS sesuai dengan juknis dan dipertanggungjawabkan, pintanya. Pada acara yang juga dihadiri oleh para kasi penyelengara, kepala KUA, penyuluh tersebut , mantan kasubbag T.U Kemenag Kab.Landak ini meminta agar pegawai KUA Kec.Pontianak Tenggara bersabar.

untuk KUA Tenggara harus bersabar karena kita masih berjuang keras tentang pengadaan tanah. Sewa KUA Tenggara masih dalam proses, tidak efektif satu kantor 2 pelayanan, tuturnya. Dihadapan para penghulu yang hadir , suami dari Upik Badariyah ini meyampaikan juga agar penghulu melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin.

Saya berharap kepada fungsional penghulu tetap bekerja senaksimal mungkin, jangan sampai ada laporan kita tidak tepat waktu , kemudian proses buku nikah seolah-olah kita lama-lamakan. Kita minimalisir hal-hal negatif, harapnya.

Sebelum mengakhir pembinaanya, pejabat kelahiran tahun 1972 ini mengajak agar pegawai selalu lebih meningkatkan kinerjanya. Mari kita perbaiki kinerja kita, yang sudah baik mari kita sempurnakan, mudah-mudahan apa yang kita berikan kepada negara akan menjadi sesuatu yang positif sehingga kementerian kita kedepannya akan lebih baik lagi, ajaknya. (Gwn_Ptk).