Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Pontianak tahun 2019, menyisakan cerita bahagia dan membanggakan untuk Guru MAN 1 Pontianak, Aminah, S.Ag. Pasalnya pada ajang lomba yang baru pertama kali digelar oleh DMI Kota Pontianak ini, Aminah berhasil meraih Juara II pada cabang Lomba Tausiyah Agama untuk Golongan Usia 41 Tahun ke atas.

Dalam lomba tersebut, Aminah berhasil menyisihkan 13 peserta lainnya yang merupakan utusan dari enam kecamatan yang ada di Kota Pontianak. Lomba diikuti oleh ibu-ibu muslimah Kota Pontianak.  Adapun judul tausiyah yang dibawakan Aminah adalah “Pesona Akhlak Rasulullah SAW Dalam Kehidupan Sehari-hari”. Aminah yang tampil sebagai peserta dengan nomor tampil 2 ini, terlihat tampil memukau di hadapan para dewan hakim, panitia dan peserta lainnya.

Meskipun belum bisa meraih Juara I, namun Guru MAN 1 Pontianak ini mengaku senang bisa menjadi salah satu pemenang dalam cabang lomba tausiyah agama yang digagas langsung oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan DMI Kota Pontianak ini. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Rumah Dinas Walikota Pontianak Jalan Abdurrahman Saleh (BLKI) Pontianak, 15 – 16 Februari 2019 yang lalu.

Lebih lanjut Aminah yang ditemui di Kantor Kemenag Kota Pontianak, Rabu (27/2/2019) mengatakan, ada tiga cabang yang dilombakan dalam MTQ DMI khusus Muslimah. Yakni Cabang Tausiyah Agama, Cabang Tartil Quran dan Cabang Tahfizh Quran Surah Al-Mulk. Masing-masing cabang dibagi menjadi dua golongan usia. Pertama, untuk wanita muslimah usia 25 – 40 tahun. Kedua, untuk wanita muslimah usia 41 tahun ke atas.

Pada saat mengikuti lomba tausiyah, Aminah mendaftar sebagai wakil atau utusan dari Majelis Taklim Istiqomah Kecamatan Pontianak Barat. Atas prestasinya tersebut, Aminah berhak atas piala tetap, Uang Tunai sebesar Rp 650.000,- dan bingkisan dari sponsor. Penyerahan hadiah dilaksanakan dalam acara penutupan MTQ DMI pada Sabtu, 16 Februari 2019. Acara ditutup langsung oleh Walikota Pontianak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT yang juga adalah Ketua DMI Kota Pontianak.*(sumi/ptk)