Pontianak - Tanggal 10 Januari diperingati sebagai hari gerakan sejuta pohon sedunia. Setiap tanggal ini kita diingatkan betapa pentingnya melestarikan pohon.

Pohon merupakan makhluk hidup yang punya andil dalam pertimbuhan manusia. Proses fotosintesis yang ia punya menjadi komponen alami krusial bagi manusia. Pohon dapat mengurangi kandungan Karbondioksida (CO2) dalam air dan mengeluarkan Oksigen ke udara untuk nafas manusia. Selain itu pohon yang tumbuh dalam jumlah besar seperti hutan pinus, mampu membuat 60 persen air hujan bisa terserap oleh tanah. Khususnya untuk spesies hutan berdaun lebar dan tajam bahkan mampu menyerap hingga 80 persen air hujan. Hal ini bisa meningkatkan pasokan air untuk keberlangsungan hidup manusia.

Dalam rangka Hari Sejuta Pohon Sedunia ini juga, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggagas program Polri Peduli Lingkungan sebagai upaya mencegah kembali terjadi bencana banjir dan longsor.

Hal serupa juga dilaksanakan di Polsek Pontianak Utara dimana kegiatan tersebut juga diikuti oleh puluhan Pelajar tak terkecuali siswa-siswi MAN 3 Pontianak yang diwakili oleh anggota Pramuka dan siswa terpilih yang menjadi Duta Lingkungan Hidup MAN 3 Pontianak Yudhistira dan Munadia.

Yudistira mengatakan bahwa hal ini tidak hanya dapat dilakukan pada even tertentu saja namun dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun terutama dilingkungan tempat kita tinggal maupun bersekolah, ucap siswa berkacamata yang memiliki tinggi 188 cm ini. Siswa-siswi MAN 3 Pontianak ini didampingi oleh Waka Kesiswaan Ibu Nur Aisyah, S.Pd. 

Kegiatan ini dilakukan dilingkungan Asrama Bhara Sudjak Polda Kalbar. (Pjm)