Untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 Kantor Kementerian Agama Kabupaten melalui seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menyediakan mesin hand sanitizer otomatis. Langkah yang dilakukan di masa pandemi ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19, Pelayanan yang kita bisa sebagai upaya pencegahan diantaranya menyediakan hand sanitizer,"kata PHU Kemenag Sekadau Chairudin, S.Kom, Selasa (12/1/2021).

"Bahwa pelayanan tetap dilaksanakan dengan mengindahkan kaidah-kaidah pencegahan penyebaran Covid 19, yakni dengan menjaga jarak minimal 1 meter, rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan menyediakan hand sanitizer," ujarnya.

Adapun pengadaan bantuan dari bidang PHU Kanwil Kemenag Kalbar berupa 1 unit automatic infrared thermometer, 1 unit automatic hand sanitizer, 1 liter hand sanitizer, masker medis dan masker medis hijab. Meskipun ditengah Pandemi Chairudin menambahkan pihaknya tetap berusaha meningkatnya pelayanan kepada masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji, meski pun kuota jamaah Kabupaten Sekadau terbatas. 

Sementara Kepala Kemenag Sekadau H.Tengku Indra Kusuma, S.Pd.I, M.Si mengatakan yang paling berpotensi penyebaran penyakit corona diantaranya ruang pelayanan hingga mesin absensi, karena harus menempelkan jari. "Tiap ruangan kerja saat ini sudah tersedia hand sanitizer, setelah finger print, para pegawai diwajibkan cuci tangan pakai sabun atau pakai hand sanitizer," ucapnya.

Dengan adanya bantuan alat hand sanitizer otomatis dari bidang PHU Kanwil Kemenag Kalbar, diharapkan para pegawai dalam melaksanakan tugas di kantor sudah dapat terlindungi dari terjangkitnya virus corona yang sedang mewabah pada saat ini.

"Mari bersama kita jaga kebersihan dengan mencuci tangan, menjaga jarak dan menggunakan masker, tidak perlu panik berlebihan namun tetap waspada. Jaga diri dan kesehatan demi diri sendiri, keluarga dan orang lain,"imbuhnya. (Andre)