Sintang, Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sintang, mendapatkan pembinaan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia (Irjen Kemenag RI) Wilayah IV. Sabtu 03 November 2018 pukul 13.00 WIB bertempat diaula Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 1 Sintang

Acara tersebut diikuti oleh Tenaga Pendidik,Tenaga Kependidikan ( Guru – Guru Madrasah ) , Bendahara , seluruh pejabat dan ASN dilingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Sintang, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA), beserta staf, Penyuluh Agama Islam (PAI)Fungsional, dan Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) se Kabupaten Sintang.

Kepala Kantor Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag membuka langsung acara tersebut. Dalam sambutanya Anuar menekankan kepada seluruh ASN agar dapat benar benar mengikuti dan menyimak paparan materi yang akan disampaiakan oleh Bapak Muh. Agus Salim selaku Inspektur Wilayah IV Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2018.

Pada kesempatan ini Agus Salim memberikan materinya dengan mengusung tema, Pengawasan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Lingkungan Kantor Kementerian Agama. Dalam ulasanya dia mengajak kepada seluruh ASN untuk meningkatkan kedisiplinan dan berintegeritas, dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai ASN.paparnya

Lebih lanjut Agus menyampaikan, kedisiplinan merupakan sebuah kewajiban bagi ASN Kemenag. Baik disiplin dalam absensi kehadiran maupun disiplin dalam tatatertib adsminitrasi, dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan. Karena kita Abdi Negara yang berarti adalah pelayan bagi masyarakat, dan beliau juga mengajak kepada seluruh ASN dilingkungan Kantor Kemenag untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab, tidak melenceng dari aturan – aturan yang telah ditetapkan  dan menjaga Marwah Kementerian Agama  tandasnya.

Kemudian dilanjutkan oleh  Titik Orbawati selaku Tim Pengendali Teknis yang didampingi oleh  Hendro Dwi Antoro selaku anggota Tim menyampaikan  apresiasi dan terima kasihnya kepada seluruh ASN Dilingkungan Kantor Kementerian agama Kabupaten Sintang , Guru dan Karyawan yang ada di Lingkungan MAN 1 Sintang  atas sambutan dan penerimaan yang begitu baik terhadap Tim Audit Irjen Kemenag RI ke Kabupaten Sintang.

Adapun arahan pertama yang disampaikan adalah PP 53 Tahun 2010 tentang  Disiplin Pegawai Negeri  di seluruh Indonesia.  Untuk Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang sebelumnya memang telah disepakati bahwa jam masuk dan jam pulang mulai hari Senin sampai dengan hari Kamis untuk jam masuk adalah jam 07.15 WIB dan Jam pulang jam 15.30 WIB sedangkan untuk hari Jum’at Jam masuk 07.15 WIB dan Jam pulang 16.15 WIB .

Selanjutnya  Titik Orbawati menyampaikan kepada Seluruh ASN dilingkungan Kemenag Kabupaten Sintang   untuk menganalisa Beban Kerja khususnya bagi karyawan karyawati TU di lingkungan  MAN 1 Sintang. Di akhir pengarahannya Titik Orbawati   menyinggung tentang Tata Tertib Peraturan Dirjen Pendis Nomor 1 Tahun 2013 dan Keputusan Dirjen Pendis Nomor 1952 Tahun 2016 tentang Petunjuk Tekhnis Pembayaran Tujungan Profesi Guru Bagi Guru Madrasah. (Akil)