Hari raya Waisak 2564/2020 yang jatuh pada tanggal 7 Mei 2020 merupakan hari raya bagi umat Buddha. Namun Waisak tahun ini bertepatan dengan masa krisis pandemi covid 19 sehingga tidak ada kegiatan ibadah ataupun perayaan di Vihara ataupun di kelenteng di wilayah Kabupaten Kayong Utara. Sebagai wujud kepedulian di masa krisis pandemi covid 19 dimana tidak sedikit umat Buddha yang terdampak secara ekonomi sehingga mereka membutuhkan bantuan. 

Dengan alasan tersebut,  selaku penyuluh Agama Buddha di Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara, Meto Sarono, S.Ag bekerja sama dengan yayasan dan vihara-vihara yang ada di Kayong Utara melakukan kegiatan bakti sosial pembagian sembako untuk umat Buddha. Kegiatan tersebut di dukung oleh Komunitas Umat Buddha Indonesia yang ada di Amerika. Mereka sangat peduli dengan kondisi umat Buddha yang ada di Kayong Utara.

Kegiatan di awali dengan pendataan umat yang di pandang layak mendapat bantuan yang meliputi tiga kecamatan yaitu kecamatan Sukadana, Simpang Hilir dan Teluk Batang karena di tiga kecamatan tersebut banyak terdapat umat Buddha. Setelah di lakukan pendataan, terdapat 190 KK umat Buddha yang akan di bantu paket sembako. Setelah itu penyuluh agama Buddha melakukan koordinasi dengan donatur dan Majelis Agama Buddha yang ada di Ketapang untuk pengadaaan sembako yang akan di distribusikan untuk umat Buddha yang ada di Kayong Utara.

Pada tanggal 5 dan 6 Mei 2020 kegiatan baksos akhirnya dapat dilaksanakan. Di awali dengan pembagian sembako di wilayah Sukadana yang berjumlah 45 paket dan Teluk Melano 50 paket sembako.  Hari berikutnya pembagian sembako di Desa Sungai Semut, Padu Banjar dan Pulau Kumbang berjumlah 55 paket, kemudian wilayah Teluk Batang  sejumlah 40 paket.

Kegiatan tersebut merupakan murni kegiatan sosial swadaya masyarakat yang di dukung oleh donatur. Karena bertepatan dengan momen Waisak maka baksos tersebut di khususkan untuk umat Buddha, namun pihak yayasan memiliki rencana akan melaksanakan baksos pembagian sembako yang di tujukan kepada masyarakat umum dan di rencanakan akan di laksanakan pada tanggal 10 Mei 2020. Ini sebagai wujud kepedulian umat Buddha Kayong Utara dan upaya membantu pemerintah untuk berjuang mengatasi krisis pandemi covid 19 dimana dampaknya sangat terasa bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang kurang mampu.

Semoga kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Semoga krisis covid 19 dapat segera berakhir dan kehidupan masyarakat dapat berjalan secara normal kembali. (Metosa/6/5/2020).