Sekadau (15/03/2015) Baznas Provinsi Kalimantan Barat bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Sekadau, Pada hari minggu 15 maret 2015 dilaksanakan Khitanan masal bagi Muallaf dan Masyarkat Kabupaten Sekadau bertempat di desa Mungguk penanjung Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Baznas Provinsi Kalimantan Barat, Baznas Kabupaten Sekadau Djafar Rahman,S.Sos, M.Si, Bupati Sekadau diwakili Assisten III Pemda Sekadau Abdul Ghani, SH. M.Si, Ka.Kemenag Sekadau Drs. M. Taufik, Kapolres, MUI Sekadau, PHBI Sekadau,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Masyarakat Sekadau serta masyarakat Sekadau.

Jumlah anak yang di Khitan pada kegiatan tersebut sebanyak 45 anak berasal dari berbagai daerah yang ada di Kabupaten Sekadau. Target dari Baznas Provinsi sebanyak 30 anak yang dikhitan dan Baznas Kabupaten Sekadau menambah 15 anak sehingga total yang dikhitan berjumlah 45 anak, demikian dikatakan Ketua panitia H. Zarkasi Efendi dalam sambutannya.

Selanjutnya Ketua Baznas Kabupaten Sekadau Djafar Rahman, S.Sos, M.Si mengatakan dahulu Baznas Kabupaten bernama Bazda Kabupaten kemudian ada UU Khusus yang mengatur masalah zakat maka Bazda beralih menjadi Baznas Kabupaten Sekadau.

Djafar juga mengucapkan terima kasih kepada Baznas Provinsi yang telah bekerjasama dalam hal berbuat untuk masyarakat Kabupaten Sekadau, terima kasih juga kepada Bapak Bupati atau yang mewakili, Kapolres, Ka.Kemenag Sekadau yang telah membantu dalam Pelaksanaan Kegiatan ini dan juga orang tua yang anaknya dikhitan, ujarnya .

Dalam Sambutannya Bupati Sekadau diwakili oleh Abdul Ghani, SH.Msi Assisten III Pemda Sekadau mengatakan Semoga Silahturahmi ini dapat terjalin dengan baik antara Baznas Provinsi dengan Baznas Kabupaten Sekadau dan Pemda Kabupaten Sekadau, semoga kerjasama yang baik ini dapat berlanjut pada kerjasama lainnya untuk kemajuan dan Kesejahteraan Kabupaten Sekadau,harapnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kemenag Sekadau Drs. M. Taufik dalam sambutannya memaparkan berdasarkan UU No.23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, bahwa Badan amil zakat Kecamatan tidak ada, yang ada hanya Upz, sementara di Kabupaten Menjadi Baznas Kabupaten dan di Provinsi Baznas Provinsi Kalimantan Barat.

Baznas Provinsi bekerjasama dengan Baznas Kabupaten Sekadau, selain Khitanan juga melakukan Kegiatan bedah rumah yang di fokuskan didesa Semabi Seberang Kapuas Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau,ungkapnya Selanjutnya ketua Baznas Provinsi Kalimantan Barat menghimbau Kepada masyarakat untuk membayar zakat di Baznas Kabupaten Sekadau.

Ia juga mengatakan dana yang digunakan hari ini untuk Khitanan dan bedah rumah berasal dari Asnap golongan tidak mampu. Diharapkan juga Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk menghimbau Masayarakat Kabupaten Sekadau membayar zakat di Baznas Kabupaten Sekadau. Acara kemudian dilanjutkan dengan Khitanan Masal dengan dibantu tenaga medis dari pihak Puskesmas Sekadau sebanyak 10 orang. (A.Hms_KemenagSKD)