Program Beasiswa Santri Berprestasi disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian paska lulus.

Pada Tahun 2015 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat melalui Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan menyelenggarakan Seleksi Calon Peserta Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2015 Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Pondok Pesantren Assalam Pontianak, Kamis, 7 Mei 2015.

Kepala Seksi Pondok Pesantren Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Karyawati menjelaskan bahwa jumlah peserta yang ikut ferifikasi sebanyak 124 santri namun yang lulus administrasi berjumlah 105 santri.

Dari jumlah santri yang lulus administrasi maka yang bersangkutan berhak mengikuti seleksi calon peserta program beasiswa santri berprestasi yang digelar hari ini, namun dalam pelaksanaannya ada 4 santri yang tidak hadir sehingga jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti selesksi sebangyak 101 santri jelas Karyawati.

Pada tahun ini ada 11 perguruan tinggi yang bermitra dengan kementerian Agama dalam program beasiswa santri, sedangkan jumlah pondok pesantren yang mengirim santrinya mengikuti kegiatan ini sebanyak 18 Pondok Pesantren.

Sebelum kegiatan tes dimulai, Kepala Bidang Pendidian Agama dan Keagamaan Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Wildan, S.HI menegaskan bahwa Program ini dianggap oleh banyak kalangan telah berhasil, salah satu indikatornya adalah ekspektasi kalangan pesantren dan masyarakat sangat tinggi untuk mengikuti PBSB.

Program ini juga dinilai tepat sasaran, karena bisa menjaring dan memfasilitasi santri dari keluarga kurang mampu untuk menempuh perguruan tinggi papan atas. Di samping itu telah mengubah citra pondok pesantren yang tadinya dipandang sebelah mata, menjadi lembaga yang kredibel, terpercaya dan berkualitas tegas Wildan.

Tahun demi tahun PBSB telah mengalami peningkatan baik dalam hal sistem seleksi, pembinaan, pendampingan dan pemberdayaan santri pada saat studi maupun optimalisasi pemberdayaan alumni di pondok pesantren. Sehingga PBSB benar-benar sesuai dengan misi semula yaitu untuk pengembangan dan pemberdayaan pesantren.(Ir/Inmas)