SINGKAWANG. Bertempat di Gedung Arafah Komplek Masjid Agung Singkawang, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melalui Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) menggelar kegiatan Manasik Haji bagi Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Singkawang.

Kegiatan manasik haji ini merupakan kegiatan bimbingan manasik haji yang terakhir dari serangkaian manasik haji yang diagendakan dengan sebelumnya telah dilaksanakan manasik haji di tingkat kecamatan. Adapun manasik haji kali ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 18 sampai 19 Juli 2017.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si sebelum menyampaikan sambutannya terlebih dahulu mengajak para CJH untuk bertalbiyah. Suasana pun terasa penuh khidmat dengan lantunan kalimat talbiyah dari CJH yang memenuhi seisi ruangan. Selanjutnya Nahruji menyampaikan secara umum jumlah kuota haji Indonesia tahun 2017 adalah sebanyak 222.000 jamaah.

Adapun untuk Kota Singkawang, CJH tahun ini adalah sejumlah 110 orang dengan rincian dari Kecamatan Singkawang Tengah berjumlah 59 orang, Kecamatan Singkawang Barat 30 orang, Kecamatan Singkawang Utara 16 orang dan Kecamatan Singkawang Selatan berjumlah 4 orang. Terdapat 1 CJH tidak berangkat dikarenakan telah meninggal dunia. Adapun para CJH Kota Singkawang yang tertua adalah berusia 77 tahun dan yang termuda adalah 32 tahun.

Kembali disampaikan oleh Kakankemenag Kota Singkawang bahwa dalam melakukan segala sesuatu harus diawali dengan niat yang baik. Terlebih lagi untuk melaksanakan ibadah haji, maka para CJH harus mengawalinya dengan niat yang baik pula agar dalam pelaksanaan mendapat pertolongan dan kemudahan dari Allah. Oleh karena itu ia mendo’akan para CJH Kota Singkawang dapat melaksanakan segala rangkaian kegiatan dan rukun haji dan memperoleh predikat haji mabrur.

Sementara itu, H. Bujang Sukri staf ahli pemerintahan Kota Singkawang yang mewakili Walikota Singkawang karena berhalangan hadir untuk membuka kegiatan manasik haji menyampaikan bahwa ibadah haji merupakan ibadah yang berat. Hal ini dikarenakan ibadah haji menuntut kesiapan jasmani dan rohani yang baik agar dapat menyelesaikan semua rukun haji. Untuk itu ia berpesan kepada CJH Kota Singkawang untuk menjaga kesehatan dengan baik. Selain itu, ia juga mengingatkan para CJH agar menyimak materi dengan benar yang disampaikan oleh narasumber karena tujuan dari kegiatan manasik haji ini adalah untuk menuntun CJH agar dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan rukun haji yang telah disyariatkan.(Jk/hms)