Putussibau – Kapuas Hulu, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan bimbingan perkawinan pra nikah bagi remaja usia sekolah, Kamis (17/12/2020) yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa  Nanga Mentebah Kecamatan Mentebah diikuti sebanyak 75 peserta dari kalangan pelajar.

Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu Syahrul, S.Ag dan dihadiri oleh Kasi Bimas Islam, Kasi Pendidikan Madrasah, Kepala KUA Kecamatan Mentebah, Penyuluh Agama Islam Fungsional dan nara sumber Penyelenggara Zakat Wakaf Wakasman, S.HI, M.Si dan dari Puskesmas Kecamatan Mentebah dr. Diyah Aulia Pratiwi.

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dan wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga yang bahagia berdasarkan undang – undang dan agama. Pelaksanaan bimbingan perkawinan pra nikah bertujuan untuk memberikan pemahaman akan pernikahan serta sebagai bekal awal pengetahuan sehingga bisa dijadikan pedoman untuk bekal membina rumah tangga nantinya.

Syahrul juga menambahkan menikah sudah ditentukan umurnya berdasarkan Undang – Undang No 16 tahun 2019 bagi laki – laki dan perempuan usia maksimal 19 tahun yang sebelumnya diatur pada Undang – Undang No 1 tahun 1974 yang mana usia minimal untuk laki – laki 19 tahun dan perempuan 16 tahun.

Besar harapan kepada para peserta agar setelah tamat sekolah jangan keburu menikah dahulu tetapi harus mempersiapkan diri yang lebih matang sehingga terjalin keluarga yang sakinah, mawadah dan warohmah, harap Syahrul.