Sambas, Kamis (07/10/2021) Diselenggarakan Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas dihadiri Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Sambas bersama Kepala KUA se-Kab. Sambas, Kepala Seksi dan Penyelenggara di Pondopo Bupati Samba.

Dilaporkan Bimwin dibagi dua gelombang, untuk gelombang satu diikuti 100 pasang untuk dua ratus peserta demikian disampaikan Ketua Panitia H. Juanda, SH.I, adapun tujuan peserta belajar untuk mempercayai satu sama lain, belajar menghadapi masalah dengan baik, perhatian, jujur dan langsung; menentukan alternative dalam menentukan masalah perkembangan dan pemecahan terhadap konflik; meningkatkan pengarahan diri, mandiri dan tanggung jawab serta belajar lebih efektif tentang kemampuan social, adapun latar belakang kegiatan ini banyaknya kasus kekerasan dalam rumah tangga, angka perceraian meningkat, maraknya perkawinan usia dini.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sambas H. Sipni, S. Pd.I, M.Pd menuturkan kegiatan bimbingan perkawinan membantu anggota keluarga belajar dan menghargai secara emosional bahwa dinamika keluarga adalah kait mengait diantara anggota keluarga, membantu anggota keluarga agar menyadari tentang fakta bahwa satu anggota keluarga bermasalah, maka akan mempengaruhi pada persepsi, ekspektasi, dan interaktif anggota lainnya, agar tercapai keseimbangan yang akan membuat pertumbuhan dan peningkatan setiap anggota dan meningkatkan toleransi dan dorongan anggota keluarga pada cara-cara yang istimewa atau keunggulan anggota lainnya, mengembangkan toleransi pada anggota keluarga yang frustasi atau kecewa, konflik dan rasa sedih karena faktor sistem keluarga atau diluar sistemnya, mengembangkan motif dan potensi, setiap anggota keluarga dengan cara mendorong (support), memberi semangat dan mengingatkannya, dipaparkan pula kepada catin untuk melengkapi syarat serta data yang akurat agar pelayanan nikah dapat berlangsung dengan baik ungkapnya. 

Materi I. Drs. H. Karlan Perkenalan dan kontrak belajar mempersiapkan keluarga Sakinah, Materi II. Sugito, S.Pd.I Psikologi Keluarga, Materi III. Rahimah, A.Md.Kep Menjaga kesehatan reproduksi keluarga, Materi IV. Risno, S.Sos.I memenuhi kebutuhan keluarga menyiapkan generasi yang berkualitas. (AHD)