Sungai Duri, Bengkayang – Seluruh guru mata pelajaran Qur`an Hadits dari MTSS Nurul Ummah Sungai Duri, MTSS Darut Tauhid Sungai Duri, MTSS YPP Ushuluddin Sungai Jaga A, dan MTSS YPPU Karimunting mengikuti kegiatan “Bimtek Implementasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum KMA 184 dan 183 serta Implementasi E-Learning Mata Pelajaran Qur`an Hadits”. Kegiatan berlangsung di MTSS Nurul Ummah Sungai Duri Kecamatan Sungai Raya, (07-08/10).

Kegiatan ini diprakarsai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI yang dituangkan dalam surat Nomor : B-2125.8/D.J.I/Dt.I.I/PP.00.5/10/2020 Tanggal 2 Oktober 2020. Kemudian ditindaklanjuti oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat dengan surat Nomor : B-6324/Kw.14.2/I/PP.00.6/10/2020.

Dalam bimtek ini turut menjadi pemateri adalah Direktur KSKK Kementerian Agama RI Dr. H. A. Umar, MA. Lahirnya KMA 184 dan 183 Tahun 2020 merupakan kado terindah bagi guru madrasah. “Dengan lahirnya KMA ini, madrasah akan menjadi hebat dan bermartabat. Semua guru madrasah wajib siap dan mampu melakukan perubahan, jika tidak lebih baik berhenti saja menjadi guru,” ujarnya.

Banyak tujuan dan manfaat yang diharapkan dari bimtek ini : Pertama, dengan kegiatan ini guru-guru madrasah yang mengampu mata pelajaran Qur`an Hadits bisa memiliki kompetensi mendesain pembelajaran pada abad 21 baik di masa darurat maupun normal. Kedua, diharapkan guru-guru mata pelajaran Qur`an Hadits mampu menterjemahkan ketentuan-ketentuan KMA 184 sehingga ruang kreasi dan inovasi dalam melayani keberagaman bakat dan minat siswa menjadi terbuka dengan seluas-luasnya. Ketiga, meningkatnya kesadaran guru mata pelajaran Qur`an Hadits untuk berubah dan mampu merespon perubahan zaman (Saifudin Zuhri). Perubahan zaman tidak bisa dihindari, contohnya pada masa sekarang kita diharuskan akrab dengan mengajar secara daring/online, tentunya kita harus siap merespon dan bergerak cepat menghadapi itu semua. (Kontributor : Budin, S.Pd.I) (S2p/bky)