Singkawang. Dalam upaya meningkatkan kualitas keluarga dikalangan masyarakat, Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengadakan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah bagi Calon Pengantin di Kota Singkawang selama dua hari yaitu pada Selasa dan Rabu, 21 s/d 22 September 2021.

Kegiatan bimbingan dan pembinaan pada kaum muda-mudi calon pengantin ini dilangsungkan di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dengan jumlah peserta sebanyak 25 pasang catin se-Kota Singkawang yang sebentar lagi akan melangsungkan perkawinannya dan dihadiri oleh Kasi Kepenghuluan dan Fasilitas Bina Keluarga Sakinah Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, H. Nursahid, Plt. Kepala Kankemenag Kota Singkawang, H. Azhari, S.Ag, M.Si yang didampingi oleh Kasi Bimas Islam, Bulyamin Hadimin, S.HI dan Pejabat di lingkungan Kankemenag Kota Singkawang.

Dalam sambutannya, Azhari menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan merupakan langkah penasihatan, pembinaan dan pelestarian perkawinan bagi setiap pasangan yang akan melangkah ke dalam bahtera rumah tangga. Ia mengungkapkan bahwa di dalam mengarungi bahtera rumah tangga, pasti ada riak-riak perselisihan dan permasalahan rumah tangga. Untuk itu diperlukan kedewasaan sikap dalam menghadapinya sehingga ikatan perkawinan dapat dipertahankan.

Beliau juga mengajak para peserta untuk berdiskusi tentang pengertian dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan perkawinan. Adapun tujuan yang diharapkan ialah untuk memperkuat nilai perkawinan untuk mewujudkan rumah tangga yang Sakinah, Mawaddah dan Warohmah. Dengan demikian tujuan pernikahan yang tertuang dalam Undang-undang No.1 Tahun 1974 dapat tercapai sehingga melahirkan keluarga yang kuat sebagai pondasi masyarakat dan bangsa yang hebat.(DH/Skw)