Kamis, 11 September 2014, 09:29 admin

Kubu Raya Ini adalah momen yang dinanti-nantikan oleh umat muslim untuk menunaikan rukun islam kelima, kata bupati Kubu Raya H. Rusman Ali, SH memulai sambutannya sebelum melepas jamaah haji Kabupaten Kubu Raya Tahun 1435 H/2014 M, Rabu(10/09/2014) di Aula Bupati jam delapan pagi.

Haji merupakan bentuk ibadah kepada Allah taala dengan ruh, badan dan harta. Ketika haji kaum muslimin dari segala penjuru dapat berkumpul dan bertemu di satu tempat. Mereka mengenakan satu pakaian dan menyembah satu Robb dalam satu waktu. Tidak ada perbedaan antara pemimpin dan yang dipimpin, kaya maupun miskin, kulit putih maupun kulit hitam.

Semua merupakan makhluk dan hamba Allah. Sehingga kaum muslimin dapat bertaaruf (saling kenal) dan taawun (saling tolong menolong). Mereka sama-sama mengingat pada hari Allah membangkitkan mereka semuanya dan mengumpulkan mereka dalam satu tempat untuk diadakan hisab (penghitungan amal) sehingga mereka mengadakan persiapan untuk kehidupan setelah mati dengan mengerjakan ketaatan kepada Allah taala.

H. Rusman Ali, SH mengharapkan setelah pulang ke tanah air khususnya Kabupaten Kubu Raya ada perubahan dari ke arah yang positif dalam hal peningkatan keimanan dan ketakwaan dalam beribadah kepada Allah SWT. Kesehatan fisik harap dijaga karena di Arab Saudi situasi dan kondisi cuaca di sana berbeda dengan disini.

Jamaah Haji diminta jangan bawa barang berlebihan karena dapat keletihan dalam berkemas dan waktu terbuang sia-sia sehingga ibadah di tinggalkan. Beliau juga berpesan antar sesama jamaah haji jangan suudzon karena hal ini dapat mengurangi pahala haji. Jamaah haji diminta saling mengingatkan untuk memperoleh haji yang mabrur dengan niat yang tulus dan ikhlas saling membantu dan menjauhi perbuatan-perbuatan negatif.

Jamaah haji kubu Raya harus kompak dalam menjaga nama baik Indonesia khususnya Kabupaten Kubu Raya, pintanya. Jamaah haji dilarang berbuat sesuatu yang melanggara aturan dan hukum Arab Saudi. Kepada 227 orang jamaah Haji kabupaten Kubu Raya Bupati Kubu Raya berpesan mari saling membantu dengan keikhlasan karena Allah SWT selalu melihat kita karena DIA ada dimana-mana dan banyak minum air putih.

Pemerintah RI menanggung komsumsi jamaah haji selama menunaikan ibadah haji dan untuk biaya pengobatan jika ada yang jatuh sakit itu ditanggung oleh Pemda Kubu Raya, katanya mengakhiri. Pelepasan jamaah haji dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kubu Raya dan disaksikan oleh Sekda Kubu Raya, Kepala Kantor Kementerian Agama H. Mudjazie Bermawie, Kasi PHU Kubu Raya Drs. H. Zainuddin, Kepala SKPD Pemda Kubu Raya serta seluruh jamaah haji kabupaten Kubu Raya. Setelah itu acara diisi oleh tausiah dan doa penutup oleh Ustad Nurhadi.

Acara ini diakhiri dengan salam-salaman jamaah haji dengan Bupati Kubu Raya, Sekda Kubu Raya, Kepala Kantor Kemenag Kubu Raya, Kasi PHU Kubu Raya, dan para kepala SKPD Pemda Kubu Raya. Setelah berakhirnya acara Kepala Kantor Kementerian Agama H. Mudjazie Bermawie diwawancarai oleh wartawan dari media cetak maupun elektronik seputar pelaksanaan penyelenggaraan haji Kantor Kemenag Kabupaten Kubu Raya. (Bond/KKR)

Berita Terbaru

Berita Terkait