Jumat (17/9) menjadi hari yang mendebarkan bagi calon OSIS dan MPK. Calon yang dimaksud adalah  calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS serta calon Ketua dan Wakil Ketua MPK untuk periode 2021/2022. Pelaksanaan debat program ini menjadi salah satu agenda menuju pemilihan umum di organisasi intern MAN 2 Pontianak ini. Berakhirnya kepengurusan Isman Nurhadi Abrar sebagai Ketua OSIS dan Ari Nursutar sebagai Ketua MPK, maka program estafet kepemimpinan harus berlanjut.

Tiga pasang calon dari masing-masing organisasi menyampaikan visi dan misinya dihadapan tiga panelis yang mempertanyakan dan  mendebat program masing-masing calon. Ketiga panelis tersebut adalah Hj. Indasyah, Agus Budi Nugroho dan Sholihin H.Z.

Penyampaian program dimulai dari pasangan calon Ketua OSIS yang berlangsung mulai pukul 13.00 – 15.00 dan selanjutnya sesi dua untuk debat program pasangan calon Ketua MPK. Suasana disaksikan berjalan ‘panas-dingin’, dingin dengan cairnya diskusi karena jenaka dan pandainya peserta mengolah suasana namun kadang menjadi ‘panas’ karena keseriusan dalam menjelaskan dan mengajukan argumentasi yang didebat oleh masing-masing panelis.*(1706)