Sambas, Kamis (22/10/2020) Dipandu oleh Pejabat Program KIA Januarti, A,Md.Keb Pengajian Kelas Ibu Hamil pada posyandu Dahlia 2 Dusun Jambu Desa Beringin Kec. Sajad diisi oleh Kepala KUA Kec. Sajad yang diikuti oleh kelompok Ibu Hamil dan kelompok balita yang berjumlah 15 orang.

Ceramah disampaikan oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Sajad Ahadi, S.Sos tentang pandangan islam mengenai kelahiran anak merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Namun di sebalik kegembiraan, juga merupakan amanah yang harus di jaga dan dijalankan sesuai dengan norma agama. Dalam surah As-Syura  (ayat 49-50), disebutkan bagaimana Allah memberikan anak-anak lelaki dan perempuan sebagai salah satu anugerah kepada siapa yang Dia kehendaki. “Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki, atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa) yang dikehendaki-Nya, dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia kehendaki. Sesungguhnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.”

Bidan Citra, A,Md.Keb menyampaikan tentang kehamilan adalah masa dimana terdapat janin didalam rahim seorang perempuan, serangkaian proses yang dialami oleh wanita yang mulai mengalami sel telur dan sperma di ovarium (wanita), kemudian pembentukan zigot, perlekatan atau perlekatan pada dinding rahim, pembentukan plasenta serta pertumbuhan dan perkembangan hasil konsepsi hingga cukup waktu (aterm). Kehamilan normal  lamanya 280 hari atau 40 minggu atau 9 bulan dan 7 hari dihitung dari hari pertama haid terakhir jelasnya. 

Disampaikan oleh Iin Nurlihan, A.Md.Gz tentang gizi. Ibu yang melahirkan bayi pastinya memiliki kebutuhan gizi atau nutrisi yang baik untuk menyusui, memberikan ASI ekslusif selama enam bulan kehidupan pertamanya, betapa pentingnya gizi bagi ibu hamil untuk menjaga ketahanan tubuh dan mempersiapkan stamina pada masa melahirkan nanti, selain itu gizi diperlukan untuk memenuhi kebutuhan bagi ibu menyusui. (AHD)