SINGKAWANG. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Jawani meminta kepada calon jamaah haji Kota Singkawang untuk menyadari bahwa perjalananan ke tanah suci adalah untuk beribadah bukan perjalanan biasa. Perjalaanan ibadah haji merupakan perjalanan suci bukan perjalanan biasa dan harus diawali dengan niat yang tulus semata-mata untuk mengharap ridha Allah Swt, ujarnya saat acara pelepasan calon jamaah haji Kota Singkawang di gedung Arafah Komplek Masjid Agung Singkawang pada Rabu (17/8).

Jawani juga berpesan agar jemaah haji untuk banyak-banyak minum air selama berada di Mekkah. "Meskipun tidak haus, sering-seringlah minum air putih. Karena kondisi cuaca di sana (Mekkah) berbeda dengan kita di sini," pesan Jawani. Kepada jemaah, katanya, pandai-pandai menjaga kesehatan masing-masing. Dan selalu menaati peraturan pemerintah Arab Saudi.

"Banyak-banyak berdoa. Kalau ada yang melihat tingkah teman (sesama jemaah) yang aneh-aneh, segeralah istighfar," pesannya lagi. Jawani berharap, keberangkatan dan kepulangan jemaah haji nanti bisa tiba dengan selamat dan sehat wal`afiat. "Semoga kepulangan jemaah haji nanti betul-betul menjadi haji mabrur," harapnya.

Disebutkan Jawani calon jamaah haji Kota Singkawang tahun ini sebanyak 79 orang, terdiri dari laki-laki 34 orang, perempuan 45 orang. Seharusnya calon jamaah haji Kota Singkawang sebanyak 80 orang, namun 1 orang menunda keberangkatanya karena sakit.

Pelepasan calon jamaah haji Kota Singkawang dilakukan langsung Walikota Singkawang. Suasana pemberangkatan calon jamaah haji diwarnai isak tangis dan rasa haru keluarga dari calon jamaah haji. Para keluarga dan warga Kota Singkawang memadati halaman halaman masjid Agung Nurul Islam Kota Singkawang untuk mengantar dan sekaligus melepas keluarganya yang diberangkatkan ke menuju Asrama Haji Pontianak.

Para calon jamaah haji Kota Singkawang termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 11 Emberkasi Batam dan masuk kloter pertama untuk Propinsi Kalimantan Barat. Calon jamaah haji berangkat dari Singkawang pada Rabu (17/8) menuju asrama haji Pontianak, dan pada hari Kamis (18/8) dari Pontianak menuju Asrama Haji Batam, selanjutnya pada hari Jumat (19/8) para calon jamaah haji akan terbang dari Emberkasi Batam menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah. (Miftah)