SINGKAWANG. Rabu (17/5), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si menghadiri kegiatan Deklarasi Persatuan dan Kebhinnekaan Cinta Damai Kota Singkawang yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Pemuda Lintas Agama (FKPELA) Kota Singkawang di Balairung Kantor Walikota Singkawang.

Kegiatan Deklarasi ini dihadiri oleh Forkopimda, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bekerjasama dengan Forum Peduli Ibu Pertiwi (FPIP) Kota Singkawang, Organisasi Masyarakat (Ormas), Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat yang ada di Kota Singkawang.

Dalam laporannya, Dodi Valerius, S.Pd selaku panitia pelaksana menyampaikan ucapan terima kasih atas kerjasama semua pihak hingga terselenggaranya acara ini. Ia juga menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan kerukunan karena kekhawatiran akan adanya gesekan kerukunan yang sempat viral di media sosial belakangan ini.                                                                                                              

Dalam kesempatan yang sama Staf Ahli Pemerintahan (Asisten II) Kota Singkawang Drs. H. Bujang Sukri, M.Si yang mewakili Walikota Singkawang karena berhalangan untuk hadir menyampaikan bahwa kesempatan yang menumental ini sangat strategis dalam upaya prefentif terhadap gejala ancaman kerukunan yang akan muncul. Ia mengatakan FKPELA merupakan organisasi pemuda lintas agama yang mempunyai ranah tersendiri yaitu kalangan generasi muda Kota Singkawang. FKPELA harus senantiasa waspada terhadap pengaruh dari luar yang dapat merusak kerukunan baik dari media sosial maupun dari budaya asing. Oleh karena itu, ia berharap FKPELA tidak hanya simbol saja melainkan sebagai ormas kepemudaan bidang lintas agama yang erus berjuang dalam menciptakan kerukunan dan keharmonisan di Kota Singkawang.

Adapun rangkaian kegiatan diakhiri dengan penandatanganan naskah Deklarasi Kebhinnekaan yang kemudian dilanjutkan dengan acara foto bersama. (Jk/hms)