Kemenag@Kalbar. Begitu besarnya animo masyarakat tentang Informasi Pembatalan Pemberangkatan Ibadah Haji tahun 1441 H/2020 M maka Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si terus mensosialisasikan Keputusan Menteri Agama (KMA) No. 494 tahun 2020 melalui Media online.

Pada Kamis pagi, (4/6/2020), Ridwansyah menggelar Dialog Interaktif dengan masyarakat Kalimantan Barat terkait melalui RRI Pro 1 Pontianak dari frekuensi lokal 104.2 FM. Radio milik negara ini menyajikan program yang kaya informasi dan berita lokal, nasional, hingga internasional termasuklah Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji tahun ini.

“Selain melalui Media Online Kanwil Kemenag Kalbar Kami juga terus membangun Kerjasama dengan media resmi pemerintah untuk memberikan layanan informasi kepada masyarakat di masa PANDEMI Covid-19, dimana kita harus menjaga jarak atau physical distancing, termasuklah kerjasama dengan RRI Pro 1 Pontianak” katanya.

Ridwansyah menuturkan bahwa Keputusan Menteri Agama No.494 tahun 2020 tersebut mengatur tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1441 H/2020 M secara nasional termasuklah Jamaah haji kalimantan Barat.

“Dengan adanya kebijakan penundaan Keberangkatan Jemaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun ini tentu Jamaah tersebut akan diberangkatkan pada tahun depan, dengan catatan tidak melakukan Pembatalan secara pribadi/Penarikan Setoran haji” imbuhnya.

Selain itu Ridwansyah menambahkan apabila ada Calon Jamaah haji yang ingin melakukan penarikan setoran dana pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) tentu dapat dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada. (Ir).