Berakhirnya Pelaksanaan Diklat Teknis Substantif Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan Jakarta untuk wilayah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara memberikan sumbangsih yang sangat bermanfaat khususnya bagi para guru yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara.

Pelaksanaan tersebut berlangsung selama 5 hari dimulai dari hari Senin tanggal 16 Mei 2016 dan berakhir pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2016 bertempat di Ruang Kelas Madrasah Tsanawiyah Nurul Falah, yang pelaksanaan kegiatan tersebut langsung di buka dan di tutup oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara.

Dalam Sambutan yang disampaikan Oleh Kepala Kankemenag KKU, Syarif Mahmud, SH mgucapkan terima kasih kepada Perwakilan Panitia dari Balai Diklat Keagamaan Jakarta yang sudah bersedia melaksanakan Diklat di wilayah Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara. Beliau juga menambahkan, adanya Diklat Teknis Substantif Penelitian Tindakan Kelas ini memberikan ilmu tambahan bagi para guru yang ada di Kankemenag Kayong Utara, karena dengan adanya Diklat PTK Kankemenag KKU para guru dapat langsung mengaplikasikan ilmu yang telah mereka dapatkan, mereka bisa langsung membuat PTK yang baik dan benar sehingga mereka tidak mengalami kesulitan lagi dalam mengajukanDUPAK untuk Kenaikan Pangkat mereka.

Beliau mengungkapkan apabila Diklat ini dilaksanakan di Kampus Balai Diklat Keagamaan Jakarta mungkin tidak akan dapat menjangkau seluruh guru yang ada di Kankemenag KKU mengingat biaya dan alokasi peserta, akan tetapi dengan adanya DTS PTK di KankemenagKKU ini maka semua guru yang ada di kankemenag KKU dapat diikutsertakan dalam diklat tersebut karena untuk DTS PTK tahun ini, Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara mendapatkan alokasi peserta sebanyak 40 orang dan kesemuanya adalah Guru.

Dalam Kesempatan Ini juga, perwakilan dari Balai Diklat Keagamaan Jakarta dimana saat penutupan diwakilkan oleh H. Ucu Suhana, S. Sos dan Drs. Moh. Djuanda, M. Ed mengucapkan banyak terima kasih kepada Kantor Kementerian Agama KKU dan Semua yang telah membantu menyukseskan Diklat Teknis Substantif Penelitian Tindakan Kelas di Kabupaten Kayong Utara ini. Mereka melihat betapa para guru selama diklat ini sangat bersemangat sehingga tanya jawab antara peserta dengan narasumber sangat komunikatif sekali, dan ketika pemberian tugas-tugas oleh pemateri/narasumber para peserta benar-benar sungguh-sungguh mengerjakan apa yang ditugaskan kepada mereka. Dikarenakan waktu yang cepat berlalu, sehingga pelaksanaan tersebut dirasakan sangat singkat oleh semua peserta.

Dalam Kesempatan ini juga, Ka. Subbag Tata Usaha Bapak H. Kuwatno, S. Pd, I mengungkapkan agar kedepan nantinya akan diadakan lagi diklat-diklat yang serupa bagi para guru yang ada di wilayah kerja Kankemenag KKU terutama yang berkaitan dengan persyaratan pengajuan kenaikan pangkat para guru, tetapi diklat yang tidak dikhususkan hanya untuk guru madrasah akan tetapi juga guru-guru Agama non Islam yang ada di Sekolah-sekolah.

*(Maulina_KKU)