Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kota Pontianak menggelar peringatan Hari Ibu ke-90 pada Kamis (27/12/2018). Puluhan ibu terlihat tampil anggun dalam balutan busana nasional memenuhi ruang aula Kemenag Kota Pontianak. Kegiatan juga dirangkaikan dengan acara syukuran dan pembinaan kepada ibu-ibu DWP di lingkungan Kemenag Kota Pontianak.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si yang juga diminta untuk memberikan pembinaan kepada ibu-ibu anggota DWP Kemenag Kota Pontianak. Selain itu, acara juga dihadiri oleh Kasubbag Tata Usaha Sunardi, serta para Kasi dan Penyelenggara di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak, Kepala KUA dan Kepala Madrasah se Kota Pontianak.

Ketua DWP Kemenag Kota Pontianak Ny. Hj. Rusnila Ekhsan, S.Ag, M.Pd dalam sambutannya berharap kepada ibu-ibu DWP Kemenag Kota Pontianak bisa memaknai peringatan hari ibu sebagai refleksi untuk mengenang jasa dan pengorbanan seorang ibu dalam merawat dan membesarkan anak-anak mereka. Menurutnya, tanpa jasa seorang ibu, kita semua tidaklah seperti hari ini. Oleh karena itu, sayangi dan hormatilah ibu kita, pintanya kepada semua yang hadir.

Selain itu, lanjut Rusnila, peringatan hari ibu juga hendaknya tidak hanya diperingati oleh para perempuan saja. Kaum bapak juga wajib mengenang jasa dan pengorbanan seorang ibu yang telah merawat dan membesarkan putra-putrinya dengan penuh perjuangan yang luar biasa beratnya. Dan hal tersebut hanya seorang ibu yang bisa merasakannya. Oleh karena itu, kita yang masih memiliki ibu, jangan sampai mengabaikan dan membiarkan ibu kita. Apa lagi tidak menghormatinya, tegas Rusnila.

Usai sambutan Ketua DWP Kemenag, dilanjutkan dengan pemberian hadiah kepada pasangan suami istri yang kebetulan hadir pada acara tersebut. Selain itu juga, istrinya dinilai cukup aktif dalam kegiatan DWP. Hadiah diberikan kepada pasangan Kasubbag TU (Sunardi, SH, M.Si dan Zainab Juniwati), Kasi PAI (Usman R, S.Pd.I dan Erna), dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (H. Syamsul Bahri, S.Ag, M.Si dan Nana Triana).

Rangkaian acara peringatan hari ibu dilanjutkan dengan pembacaan puisi “Cuma Ibu Yang Tahu ”karya Khofifah Indar Parawansa. Puisi dibacakan oleh Ibu Baitinnur, S.Ag yang juga adalah Penyuluh Fungsional Agama Islam di Lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak. Usai pembacaan puisi, dilanjutkan dengan pemilihan enam peserta berbusana terbaik serta pembagian hadiah dan door prize.

Sebelumnya, acara diawali dengan syukuran atas keberhasilan tim Kemenag Kota Pontianak sebagai Juara Umum dalam Pekan Olahraga Silaturrahmi Kemenag Se Kalbar yang dilaksanakan dari tanggal 20-22 Desember 2018. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kanwil Kemenag Kalbar tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Amal Bakti Kemenag Ke-73 yang jatuh pada tanggal 3 Januari 2019 mendatang.*(sumi/ptk)