Mengingat saat ini Indonesia masih dalam situasi new normal pandemi Covid-19, sehingga berbagai kegiatan yang dilaksanakan harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan dengan jumlah peserta terbatas. Demikian halnya pelaksanaan upacara puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-75 Kemenag RI di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak. Jumlah peserta upacara yang biasanya mencapai 450 peserta, tahun ini dibatasi hanya sekitar 180 peserta saja.

Meskipun jumlah peserta upacara peringatan HAB Kemenag tahun 2021 ini terbatas, namun Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kemenag Kota Pontianak Ny. Hj. Nurlaila Syarifendi tampak hadir dalam upacara tersebut beserta beberapa pengurus DWP lainnya. Ibu-ibu yang identik dengan seragam orange ini sudah hadir di lokasi upacara pada Selasa (5/1/2021) pagi sekitar pukul 07.00 Wib. Upacara dilaksanakan di halaman MTs Negeri 2, yang beralamat di Jalan Prof. M. Yamin Pontianak.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, upacara HAB ke-75 Kemenag – yang tahun ini mengusung tema Indonesia Rukun – hanya dihadiri pejabat internal di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak. Tampak hadir dalam upacara tersebut Kasubbag Tata Usaha beserta Kasi dan Penyelenggara di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak, Kepala Madrasah Negeri (MIN, MTsN dan MAN) beserta Ka. TU dan 1 orang Waka/Guru, serta Kepala KUA se Kota Pontianak.

Selain itu, upacara juga dihadiri sebanyak 66 PNS penerima tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya (10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun), para Penyuluh Agama, Perwakilan Kelompok Kerja Pengawas PAI dan Madrasah, sejumlah staf/pelaksana di lingkungan Kemenag Kota Pontianak, petugas pengibaran bendera merah putih dan kelompok Aubade MTs Negeri 2 Pontianak.

Setelah mengikuti upacara, Ketua DWP Kemenag Hj. Nurlaila Syarifendi beserta Ibu-Ibu DWP Kemenag disilakan untuk menuju ruang VIP bersama Kepala Kemenag dan para tamu undangan lainnya. Di ruangan VIP tersebut telah disiapkan sejumlah hidangan oleh panitia. Usai acara ramah tamah, Hj. Nurlaila menyerahkan bingkisan/cendramata kepada Ibu-ibu DWP yang hadir. Ditemui usai acara, Hj. Nurlaila yang juga adalah istri dari Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak ini secara khusus mengucapkan, Dirgahayu Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag RI.*(sumi/ptk)