Sintang, Ketua Tim Audit Kinerja Diah  menyerahkan hasil Audit Kinerja selama lebih kurang 12 hari di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang  kepada Kepala Kantor Kemenag Kab. Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag  pada saat acara Ekspose Hasil Audit Kinerja yang bertempat di Aula Kantor Kemenag Kab. Sintang, Jum’at (09/11/2018).

Kepala Kantor Kemenag Kab. Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada Tim Auditor Itjen Kemenag RI yang telah melakukan Audit Kinerja secara objektif sesuai dengan prosedur dan teknis pemeriksaan yang telah ditentukan. Hasil yang dicapai menunjukan kondisi sebenarnya dari pelaksanaan tugas dan fungsi di Kantor Kemenag Kab. Sintang. Semoga audit tersebut, lanjutnya, bisa memberikan dampak yang positif untuk kita semua. Mengenai hasil yang telah dicapai dari Audit Kinerja ini diharapkan akan menjadi motivasi dalam meningkatkan kinerja serta memperbaiki kekurangan yang ada.

Selanjutnya Kepala  Kantor Kemenag Kab. Sintang menghimbau kepada seluruh jajaran pejabat, PPK, Bendahara dan penanggung jawab kegiatan agar bekerja dengan baik dan penuh tanggung jawab dalam rangka  meningkatkan aspek kualitas administrasi internal serta meningkatkan kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat. Selain itu, diharapkan juga segenap jajaran Kantor Kemenag Kab. Sintang  agar selalu mencermati, memahami dan mengikuti prosedur serta peraturan yang berlaku dalam setiap melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur negara secara cerdas, kemudian bekerja keras, dan bekerja bersama-sama secara ikhlas untuk menuju kepada Kementerian Agama yang bersih, transparan dan akuntabel, pintanya. 

Sementara itu  Titik Orbawati selaku Ketua Tim Pengendali Teknis yang didampingi oleh  Ketua Tim Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI Ibu Diah Winarsih menyampaikan bebrapa hal yang harus mendapat perhatian diantaranya masalah diantaranya ada beberapa pelaksanaan kegiatan yang belum dibuatkan SOP, kelebihan pembayaran, Pembayaran Tunjangan Kinerja, Pembayaran Tunjangan Profesi Guru , sekitar 44 Item yang harus mendapat perhatian serius dari ASN baik itu  ASN Fungsional maupun Struktural  dilingkungan kemenag kab. Sintang, jelas titik.

Selanjutnya Titik menjelaskan ada beberapa catatan penting untuk kemenag kab. Sintang yaitu untuk selalu melakukan Koordinasi , Integrasi, dan Sinkronisasi antara pejabat dan pelaksana yang harus ditingkatkan lagi. "Dan untuk melaksanakan kegiatan harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan temuan lainnya yaitu masih terdapat guru yang tidak masuk kerja karena menunggu suami yang sakit, namun tidak dibuatkan cuti alasan pentingnya,” jelas Titik.

Adapun Hasil Penilaian Hasil Audit yang Inspektorat Jenderal Kementerian Agama Republik Indonesia yang disampaikan oleh Ibu Diah Winarsih selaku Ketua Auditor menyampaikan bahwa ada dua  kategori penilaian yang akan diberikan yaitu nilai Sistem Pengendalian Internal Pemerintah ( SPIP ) dan Penilaian Kinerja, adapun nilai SPIP Kemenag Kabupaten Sintang yaitu 82,41 % dengan Katogori  Berhasil sedangkan Penilaian Kinerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang yaitu 80,120 % dengan kategori Baik , dan hasil dari penilaian ini diserahkan langsung oleh Ketua Tiim Pengendali Tekhnis Tim Audit Inspektorat Jenderal Kementerian Agama RI Titik Orbawati Kepada Kepala Kantor Kemenag Kab. Sintang H. Anuar Akhmad, S. Ag.

 Adapun point-point pemeriksaan yang dilakukan oleh Irjen Kemenag RI  meliputi  Pengujian atas kinerja tugas dan fungsi unit kerja serta program,  sedangkan sasaran audit adalah seluruh kegiatan stratejik  pada Kantor Kemenag Kab. Sintang Tahun Anggaran 2017 ( Akil )