Surga merupakan tempat terindah yang dijanjikan Allah SWT kepada hamba-Nya yang bertakwa. Di dalam surga berisi kenikmatan dan kebahagiaan hakiki yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Siapapun pasti mendambakan surga, dan dengan rahmat Allah manusia bisa memasuki surga. Seandainya saja manusia mengetahui gambaran surga dengan pasti, tentu mereka akan sekuat tenaga berusaha dan berlomba-lomba untuk meraihnya.

Namun ternyata, ada empat golongan manusia yang justru dirindukan surga. Ketika manusia lain sangat menginginkan surga, ini malah sebaliknya, surga sendiri yang merindukan golongan tersebut. Siapa sajakah mereka?

Pertama, orang yang gemar membaca kitab suci AlQuran. Karena AlQuran merupakan pedoman hidup umat Islam. Membaca dan memahami serta mengamalkannya menjadi bentuk ibadah yang sangat besar pahalanya di sisi Allah SWT.

Kedua, Orang yang mampu menjaga lisannya/lidahnya dari perkataan yang tidak baik. Orang yang mampu menjaga lisannya tentu tidak akan menyakiti orang lain dengan perkataannya. Oleh karena itu, hendaklah kita menjaga lisan kita sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dengan perkataan yang baik dan bermanfaat.

Ketiga, orang yang memberikan makanan kepada mereka yang sedang kelaparan. Kebiasaan bersedekah dan membantu orang lain yang membutuhkan memiliki banyak keutamaan. Karena amalan tersebut merupakan perbuatan yang sangat mulia dan berpahala besar.

Keempat, orang yang berpuasa di Bulan Ramadan. Di bulan suci Ramadan Allah telah menjanjikan kepada hamba-Nya ampunan dan pembebasan dari panas api neraka. Terutama bagi mereka yang ikhlas menjalankan ibadah puasa, menghidupkan malam Ramadan dengan solat dan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Materi tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Wilayah Provinsi Kalbar, Dra. Hj. Sangadah saat memberikan tausiyah dalam acara Muhasabah Ramadan yang digelar oleh Permata Ibu Kelurahan Sui Beliung Kecamatan Pontianak Barat pada Senin, 13 Mei 2019 yang lalu. Informasi terkait kegiatan tersebut disampaikan oleh Ketua Ketua Permata Ibu Sui Beliung Uswatun Hasanah yang ditemui di Kantor Kemenag Kota Pontianak pada Kamis (16/5/2019).

Dalam acara tersebut juga diserahkan Paket Ramadan berupa sembako. Sebanyak 90 Paket Ramadan diserahkan kepada para dhuafa yang ada di wilayah Kelurahan Sui Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Selain itu, Ketua BKMT Wilayah Kalbar Hj. Sangadah juga memberikan sekitar seratus AlQuran kepada seluruh jamaah yang hadir.*(sumi/ptk)