Mempawah. H. Ridwansyah Kakanwil Kemenag Kalbar memberikan apresiasi kepada beberapa siswa/i madrasah khususnya Kabupaten Mempawah yang telah menoreh prestasi di ajang Kompetensi Sains Madrasah Online (KSMO) beberapa bulan lalu oleh Direktur KSKK Kementerian Agama RI.

Apresiasi tersebut disampaikannya saat kegiatan pembinaan kepala madrasah, guru, dan tenaga kependidikan madrasah (21/01/21) di Aula Kementerian Agama Kabupaten Mempawah yang dihadiri kurang lebih 30 peserta dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Adapun 4 orang siswa dan siswi yang telah menoreh prestasi tersebut adalah:

  1. Siti Karomah asal MIN 2 Mempawah, sebagai peringkat 1 Provinsi Kalimantan Barat pada kompetensi mata pelajaran Matematika Terintegrasi;
  2. Naura Shifa Adilla asal MIN 2 Mempawah, sebagai peringkat 1 Provinsi Kalimantan Barat pada kompetensi mata pelajaran Sains IPA Terintegrasi;
  3. Nita Olivia asal MTs Hidayatul Athfal Desa Sambora Kecamatan Toho, sebagai peringkat 3 Provinsi Kalimantan Barat pada kompetensi mata pelajaran Matematika Terintegrasi;
  4. Muhammad Hilman Asri asal MTsN 1 Mempawah, sebagai peringkat 3 Provinsi Kalimantan Barat pada kompetensi mata pelajaran IPS Terpadu Terintegrasi.

Dalam moment kegiatan tersebut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan tropi, sertifikat dan uang pembinaan sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar yang lebih tinggi terhadap seluruh siswa/i di Kabupaten Mempawah.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mempawah H. Mi'rad dalam sambutannya mengingatkan agar seluruh jajaran madrasah harus tetap kontinu dalam upaya peningkatan prestasi anak-anak walaupun sampai saat ini proses belajar mengajar dilaksanakan secara daring atau pembelajaran jarak jauh.

Menurutnya pembelajaran jarak jauh bukanlah suatu kendala dalam upaya peningkatan prestasi masing-masing kompetensi yang diinginkan oleh setiap siswa/i di madrsah khususnya di Kabupaten Mempawah.

Ia juga mengajak seluruh madrasah yang ada di Kabuaten Mempawah agar kedepannya madrasah wajib ikut berperan aktif dalam mensukseskan event-event yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI, salah satunya adalah ajang Kompetensi Sains Madrasah, yang merupakan salah satu tolak ukur untuk melihat prestasi siswa di bidang Sains. (Rudi)