Berdasarkan UU Audit antara lain : 1. UU Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara ; 2. PMA Nomor 8 Tentang Tahun 2007 Tentang Pengawasan di Lingkungan Departemen Agama; 3. KMA Nomor 207 Tahun 2003 Tentang Pedoman Pelaksanaan Audit pada Inspektorat Jenderal Departemen Agama. makaTim Inspektorat Kementerian Agama RI yang  terdiri dari 7 orang diketuai oleh Diah Winarsih dan Titi Ordawati selaku pengendali teknis, bersama 5 orang anggota yaitu Arif Aditya Arman, Hendro Dwi Antoro, Eko Putro, Herwan dan Muha. Taqiyuddin Senin, 29 Oktober 2018 kemarin tiba di Kantor Kementerian Agama Kab. Sintang dan diterima langsung oleh Ka. Kantor Kemenag Kab. Sintang, H. Anuar Akhmad beserta para pejabat serta beberapa  karyawan karyawati di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Sintang

Pada acara Entry Briefing Audit Kinerja di Aula Kankemenag Kabupaten Sintang kemarin berlangsung khidmat dan lancar. Dalam sambutannya Ka. Kemenag ucapkan selamat dan terima kasih atas kedatangan Tim Irjen Pusat di Kabupaten Sintang. Semoga dengan kedatangan Tim dari Irjen, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang semakin bisa memahami dan menjabarkan eksistensi UU No. 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara, serta hal-hal terkait pengawasan lainnya di Internal Kementerian Agama.

Lebih lanjut beliau juga berharap kiranya  seluruh seksi maupun penyelenggara untuk selalu konsisten pada aturan yang ada sehingga kesalahan ataupun kekeliruan sedapat mungkin bisa terhindarkan. Akhirnya Kepala Kantor Kementerian Agama menyampaikan permohonan maaf sekiranya dalam kunjungan Tim Irjen kali ini terdapat banyak kekurangan khususnya berkenaan dengan kondisi tempat  yang mungkin kurang nyaman disebabkan karena kondisi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang yang saat ini sedang dilakukan beberapa perbaikan/renovasi ungkapnya.

Pada Kesempatan yang sama Diah Winarsih  selaku ketua Tim mengatakan bahwa dasar pelaksanaan audit kinerja yaitu PP Nomor 60 Tahun 2008, Perpres Nomor 20 Tahun 2008, Peraturan Menpan Nomor PER/05/M.PAN/03/2008, PMA Nomor 10 Tahun 2010 dan Surat Tugas dari Irjen.

Kegiatan Audit Kinerja di Kemenag Kabupaten Sintang sendiri akan berlangsung sampai dengan tanggal 10 November 2018 (14 hari). Mengenai tujuan audit, kata Diah, untuk menilai pengelolaan program kerja dan pelaksanaan tugas dan fungsi satker. Kemudian untuk memberikan informasi hasil audit kepada pimpinan sebagai pertimbangan pengambilan kebijakan, serta untuk memberikan rekomendasi dalam rangka perbaikan kinerja.

Adapun sasaran dan ruang lingkup audit yaitu kegiatan strategik DIPA Tahun Anggaran 2017. ( akil, Sintang )