Bertempat di Hotel Mahkota Kayong Sukadana, Jalan Irama Laut Desa Sutera Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Unit Kerja Subbag Tata Usaha (Sekretariat) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara melaksanakan Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2017 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara.

Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Jumat tanggal 8 April 2016 dan diikuti sebanyak 35 orang peserta yang terdiri dari seluruh PNS maupun Non PNS yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara dengan alokasi yang telah ditentukan oleh Panitia.

Adapun narasumber yang memberikan materi dalam kegiatan tersebut adalah Kasubbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat Drs. Tukiman, M. Si dan Fungsional Perencana Muda Subbag Perencanaan dan Keuangan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Supriyanto, S. Pd, M. Si.

Dalam Laporannya, H. Kuwatno, S. Pd, I selaku Ketua Panitia Pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini semula dijadwalkan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 7 April 2016, dikarenakan sesuatu dan lain hal yang tidak dapat dijelaskan, akhirnya kegiatan ini diundur pelaksanaannya menjadi hari Jumat tanggal 8 April 2016 dan tetap di tempat yang sama yaitu Hotel Mahkota Kayong Sukadana.

Ketua Panitia Juga menjelaskan bahwa peserta kegiatan ini terdiri dari semua unit kerja yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara yang berjumlah 35 orang dengan alokasi peserta Subbag Tata Usaha (Sekretariat) sebanyak 1 orang, Seksi Bimas Islam 5 Orang, Seksi Pendis 3 Orang, Seksi PHU 3 Orang, Penyelenggara Syariah 2 Orang, Penyelenggara Katolik 2 Orang, Pengawas Madrasah 2 Orang, KUA Kec. Sukadana 2 Orang, KUA Kec. Simpang Hilir 1 Orang, KUA Kec. Teluk Batang 2 Orang, KUA Kec. Seponti 1 Orang, KUa Kec. Pulau Maya 2 orang, MIN Sukadana 4 Orang dan MTs-N Simpang Hilir 5 Orang.

Untuk kegiatan kali ini, Penyelenggara Kristen Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara tidak diikutsertakan sebagai peserta dikarenakan di hari yang sama ditempat yang berbeda yaitu Pontianak, sedang berlangsung kegiatan Rakor Bimas Kristen di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalbar, sehingga Penyelenggara Kristen tersebut tidak mendapatkan alokasi sebagai peserta kegiatan.

Ketua Panitia juga menjelaskan dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan anggaran tahun sebelumnya, apakah sudah berjalan dengan baik dan benar, sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, tepat sasaran sesuai dengan program kerja yang telah dibuat oleh masing-masing unit kerja, serta meningkatkan pemahaman dan pengetahuan serta kemampuan peserta kegiatan dalam menyusun rencana kerja dan menggunakan aplikasinya.

Kegiatan ini secara resmi dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara. Beliau menegaskan bahwa pelaksanaan anggaran tahun yang lalu merupakan tolak ukur keberhasilan pelaksanaan anggaran saat ini. dengan perencanaan yang matang, semua kegiatan akan dapat terlaksana dengan baik.

H.Kuwatno juga mengingatkan kepada seluruh unit kerja yang ada diwilayah Kankemenag KKU yang mana pada tahun sebelumnya pencapaian realisasi anggaran yang terjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan agar dapat ditingkatkan lagi pencapaiannya, apabila terdapat kendala sesegara mungkin ditindak lanjuti dan dicarikan jalan keluarnya.

Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh peserta yang ada dalam kegiatan tersebut, jika masing-masing unit kerja melaksanakan kegiatan yang serupa yang menggunakan anggaran negara, agar tidak lupa membuat laporan kegiatan sebagai bukti pertanggungjawaban bahwa kita telah melaksanakan kegiatan tersebut.

Juga disampaikan berkenaan dengan data, sebagaimana adanya data tentang kepegawaian, data pendidikan, data umat, data pernikahan, data keuangan dan yang terbaru ini data yang berkenaan dengan kediklatan, yang kesemuanya itu sudah menggunakan Aplikasi baik yang secara Online maupun Offline, maka diharapkan semua peserta terlebih khusus operator yang diberikan tugas untuk menangani masing-masing aplikasi yang berkenaan dengan data-data tersebut agar mampu mengaplikasikan penggunaan aplikasi tersebut, khusus yang berkenaan dengan kegiatan ini adalah Aplikasi RKAKL.

Dalam Penyampaian Materi, Para Narasumber menyampaikan materi dengan hebat. Penyampaian materi pun menggunakan metode tanya jawab langsung tanpa harus penyampaian materi berakhir sehingga terjadi komunikasi dan diskusi yang baik antara peserta dengan narasumber.

Narasumber juga tidak pernah lupa menyampaikan segala sesuatu yang menjadi pengalaman mereka selama menangani bagian perencanaan dan keuangan. Saling sharing/berbagi ilmu dari para narasumber kepada peserta, bahkan ada narasumber yang juga tidak hanya menyampaikan materi dan diskusi/tanya jawab tetapi ada juga yang mempraktekan Aplikasi RKAKL secara langsung, sehingga semangat keingintahuan dan belajar para peserta terpacu khususnya para operatornya.

Dan di akhir kegiatan, Ka. Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara selaku Ketua Panitia menutup secara resmi Kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Anggaran dan Penyusunan Rencana Kerja Tahun 2017 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara Tahun 2016