Singkawang. Dalam rangka evaluasi dan meningkatkan kinerja Operator Emis, Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang melaksanakan kegiatan Pendampingan dan Evaluasi Emis, Selasa (08/06). Aliyansah, M.Pd selaku Kasi Pendidikan Islam dan juga sekaligus ketua pelaksana, pada kesempatan ini melaporkan kalau kegiatan ini bertujuan untuk mengevaluasi sekaligus meningkatkan kinerja operator Emis pada madrasah dan pondok pesantren. “Diharapkan kepada kepala Madrasah dan pimpinan pondok pesantren agar selalu memantau kegiatan operator hingga data yang diminta bisa tepat waktu,” ujarnya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Azhari, S.Ag, M.Si. Dalam arahannya Azhari menyampaikan persoalan yang timbul dilingkungan Pendidikan Madrasah dan pesantren yaitu sering tidak singkronnya antara data dengan anggaran yang tersedia khususnya untuk anggaran BOS. “BOS berbasis ke data EMIS terlambatnya data yang masuk ke Emis mengakibatkan terhambatnya kucuran dana BOS. Bagi Operatator diharapkan untuk melakukanlah update data setiap saat atau berkala, kemudian dalam memasukkan data agar melaporkannya tepat waktu pada jadwal yang telah ditentukan,” ujarnya.

Azhari berharap kepada semua operator agar melaksanakan update data secepatnya dan jangan malu atau segan untuk menyampaikan semua kendala dilapangan yang ditemui kepada pimpinan. Kegiatan dilaksanakan di Aula kantor Kemenag Kota Singkawang. Adapun yang menjadi narasumber kegiatan pendampingan ini adalah Kepala Seksi Pendidikan Diniyah, Kesetaraan dan Sistem Informasi Kanwil Kemenag Prov. Kalbar, Parlindungan, SE, M.Si dan Indah.(DH/skw)