SAMBAS - Menjaga kerukunan umat beragama dengan pemerintah, sesama umat beragama dan internal umat beragama merupakan kewajiban dari kita semua - selaku umat beragama dan warga negara indonesia untuk menjaga utuhnya negara kesatuan republik indonesia (NKRI). Negara ini yang didapat dari pengorbanan para pahlawan, perlu untuk dijaga sebagai wujud syukur kepada Allah SWT dan juga sebagai wujud penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjuang. Agar semangat juang dapat terus dapat dipelihara, syarat utamanya adalah kerukunan serta kedamaian dalam berbangsa dan bernegara ditengah majemuknya suku, agama dan ras bangsa Indonesia.

Peran sebagai pemelihara kerukunan serta kedamaian inilah yang ingin diperankan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kab. Sambas melalui berbagai kegiatan yang telah dilakukannya, dan pada tahun 2016 FKUB Kab. Sambas mengadakan Silaturrahmi Pertandingan Olahraga Volly Ball antar SMA/SMK/MA se-Kabupaten Sambas Tahun 2016, yang berlangsung dari tanggal 21 s.d. 22 Desember 2016. Dengan peserta sebanyak 22 sekolah : SMA 11 sekolah, SMK 7 sekolah dan MA 4 sekolah yang terdiri dari 21 tim putra dan 18 tim putri.

Pada acara pembukaan Ketua Panitia Sipni, S.Pd, M.Pd menyatakan bahwa tahun 2015 FKUB mengadakan pertandingan olahraga antar pemuda lintas agama, tahun 2016 ini pertandingan bola voli antar pelajar setingkat SMA/MA dan Insya Allah tahun 2017 FKUB akan mengadakan perkemahan pemuda/di lintas agama. Dasar kegiatan ini adalah untuk menjalin persatuan dan kesatuan, jangan sampai terjadi perselisihan diantara kita, tegas Sipni. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas, H.M. Asmar, S.Pd.I. Tampak hadir di acara pembukaan pengurus FKUB Kab. Sambas, perwakilan dari Forkopinda serta Dinas Pemuda dan Olahraga Kab. Sambas. (rdn)