Senin, 09 September 2019, 07:49 welsi

Kementerian Agama selain memiliki peran dalam fungsi pendidikan dan fungsi agama, juga mengemban amanah besar dalam pembinaan dan penguatan program kerukunan umat beragama. Kerukunan umat beragama merupakan sebuah keharusan demi mengemban amanat undang undang dan falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama dari berbagai tingkat, baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia sebagai implementasi dari Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 dan 8 Tahun 2006 yang salah satu isinya adalah pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama.

Bentuk nyata dari peran serta tanggung jawab Kementerian Agama terhadap Forum Kerukunan Umat Beragama adalah anggaran pembangunan sekretariat bersama FKUB serta Bantuan Operasional FKUB. Setiap tahun selalu dikucurkan bantuan operasional FKUB dengan nilai lumayan besar, untuk Provinsi sebanyak 60 juta dan kabupaten/kota sebanyak 50 juta.

Tentunya dalam pengelolaan dan pertanggung jawaban pelaksanaaan anggaran tersebut, sinergitas dan kerjasama antara FKUB dan Kementerian Agama baik di provinsi maupun Kabupaten/Kota perlu sejalan sebagai bentuk manifestasi penggunaan uang negara. Dengan kata lain, FKUB Kabupaten/Kota maupun provinsi juga harus selalu berkoordinasi dengan Kementerian Agama untuk program yang mereka jalankan.

Untuk itulah pada hari Kamis, 5 September 2019 di ruangan dinas Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang  sekitar pukul 14.00 WIB dilaksanakan rapat terbatas antara Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Ketapang serta beberapa pengurus FKUB Ketapang dan dihadiri oleh Kasubbag Hukum & KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Aris Sujarwono, M.H.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang, H.Ikhwan Pohan,S.Ag,M.Pd memimpin langsung dan dihadiri oleh Ketua FKUB Ketapang, Pendeta Yance, serta 4 orang pengurus lainnya. Ditambah Kasubbag Hukum & KUB Provinsi Kalbar, Aris Sujarwono,M.H dan Bendahara Kemenag Ketapang, H.Muzakir, SE.  Dalam kesempatan itu Kepala Kemenag Ketapang berharap FKUB Ketapang secepat mungkin melaksanakan program yang mereka usulkan dalam proposal sehingga bisa terealisasi semua anggaran yang ada, mengingat telah memasuki tri wulan ke 3 pelaksanaan anggaran tahun 2019.

Pendeta Yance selaku Ketua FKUB Ketapang sangat berterima kasih atas dukungan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang yang selalu mendukung dalam bentuk anggaran operasional, sehingga program FKUB bisa terlaksana, meskipun terbatas mengingat ketapang memiliki 20 kecamatan dan jangkauan sangat jauh. Namun bukan berarti anggaran menjadi kendala, tetap bisa terlaksana sesuai jadwal.

Selain itu pula, Pdt Yance menyampaikan kepada Aris Sujarwono, M.H selaku Kasubbag Hukum & KUB Kanwil bahwa kegiatan FKUB Ketapang sangat banyak sekali. Mereka selalu melaksanakan sosialisasi kerukunan di semua kecamatan, memberikan rekomendasi pendirian rumah ibadah serta hadir dalam kegiatan bersama Bupati Ketapang bersama jajaran. Satu mimpi yang belum terwujud adalah melaksanakan Kemah Pemuda Lintas Agama di Ketapang, dan berharap betul dukungan anggaran dari Kementerian Agama Provinsi Kalbar terlebih dari anggaran pusat.

Aris Sujarwono, M.H selaku Kasubbag Hukum & KUB Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat berterima kasih dan sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh FKUB Ketapang bersama seluruh element yang ada. FKUB merupakan ujung tombak dan tanpa FKUB maka sulit bisa terealisasi program kerukunan umat beragama yang menjadi salah satu prioritas nasional. Namun, Aris Sujarwono juga berharap agar kegiatan tersebut bisa di share dan sampaikan dalam media online maupun media cetak jika memungkinkan, sehingga kerja maupun kinerja FKUB Ketapang tidak dianggap sebagai pelengkap saja bagi sebagian orang.

Disamping itu juga, terkait program Kemah Pemuda Lintas Agama yang diusulkan oleh FKUB Ketapang, Aris Sujarwono berusaha sebaik mungkin untuk memperjuangkan dan mengusulkan kepada Pusat Kerukunan Umat Beragama ( PKUB ) Setjen Kementerian Agama Republik Indonesia. Nantinya akan melekat dalam DIPA Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang, jika disetujui.

Berbagai program lainnya tak kalah disampaikan juga oleh Aris Sujarwono, M.H kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Ketapang dan para pengurus FKUB. Seperti Dialog Lintas Agama, Desa Sadar Kerukunan dan sebagainya. Semua program tersebut merupakan kerjasama antara Kementerian Agama dan FKUB yang saling bersinergi satu dengan yang lain.

Diakhir rapat tersebut, Ketua FKUB  bersama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang berharap betul bahwa program Kemah Pemuda Lintas Agama ini dapat terealisasi Tahun 2020 di Kabupaten Ketapang, mengingat Kabupaten Ketapang terbilang aman dan damai, tinggal program nyata saja bagi pemuda dan pemudi disini. Dengan dukungan dan kerjasama semua lini, berbagai program kerukunan umat beragama, Insya Allah bisa kita sukseskan demi Kalimantan Barat yang aman, damai dan sejahtera. ( AS )

Berita Terbaru

Berita Terkait