Bulan Bahasa yang jatuh pada bulan Oktober setiap tahunnya akan menjadi even tahunan bagi Madrasah yang baru seumur jagung ini. Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Sambas yang terletak di Jalan Panglima Daud, Kec. Saing Rambi ini memulai kegiatan even pada 15 Oktober 2016 yang diawali pembukaan d aula MAN Insan Cendekia Sambas, yaitu dengan mengundang sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Sambas untuk mengikuti lomba pidato Bahasa Indonesia Tingkat SD/MI dan SMP/MTs dan English Speech Contest.

Acara yang dibuka oleh Waka Kesiswaan Nuraini, M.Pd.I ini menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah program tahunan yang akan dilaksanakan setiap tahunnya di MAN Insan Cendekia sehingga berharap pada sekolah-sekolah lain juga turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Acara ini juga mendapat sambutan hangat oleh para guru-guru pendamping yang pada saat itu turut mendampingi siswa-siswinya bertanding, mereka tidak menyangka ditengah Kabupaten Sambas berdiri sebuah Sekolah bertaraf nasional yang langsung dikelola oleh Kementerian Agama RI Pusat di Jakarta. Peserta yang mengikuti lomba pidato berasal dari sekolah maupun madrasah yang berada di Kabupaten Sambas yang keseluruhannya diikuti oleh 34 siswa.

Hari puncak Bulan Bahasa 2016 diadakan pada tanggal 18 Oktober 2016 ditempat yang sama yaitu di Aula MAN Insan Cendekia. Acara yang dihadiri oleh Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, LC dan beberapa SKPD Kab. Sambas ini menghadirkan kegiatan berupa Penanaman pohon yang dilakukan simbolis oleh bapak Bupati Sambas beserta rombongan, Pentas Seni dan Pemilihan Duta Bahasa dan Green Student Ambassador 2016. Kegiatan yang diawali dengan Kata Sambutan Kepala Madrsah, Mursidin, M.Ag. menuturkan bahwa banyaknya apresiasi dari segala pihak sehingga berjalannya acara ini diantaranya bantuan-bantuan pihak sponsor seperti Badan Lingkungan Hidup Kab. Sambas dan Penerbit Erlangga.

Beliau juga menuturkan tentang seluruh gambaran keadaan MAN Insan Cendekia kepada para tamu yang hadir agar dapat diketahui dan dikenal oleh warga Sambas itu sendiri. Tak lama berselang acara dilanjutkan dengan sambutan Bupati Sambas, Atbah Romin Suhaili, LC juga menuturkan bahkan sempat menitiskan air matanya dengan bangganya hadir dalam acara tersebut, dan menyampaikan pesan akan pentingnya menguasai Bahasa Internasional jika ingin menjelajahi dunia, acara yg langsung ditutup oleh Bupati ini dilanjutkan dengan acara Pentas Seni yang menghadirkan MA Yasti Sekura dan MAN Sambas sabagai salah satu pengisi acara pentas seni tersebut.

Acara ini juga dilanjutkan dengan pembagian hadiah pemenang lomba pidato Bahasa Indonesia dan English Speech Contest serta pemilihan Duta Bahasa dan Green Student Ambassador, peserta Duta juga diikuti oleh beberapa siswa yang mewakili Kota/Kabupaten mereka berasal. Dan keluar sebagai pemenang Duta Bahasa adalah Bilal Wana Satria asal Kabupaten Kapuas Hulu dan Idsa Lulu Fatina Farhani dari Kota Singkawang dan pemenang Green Student Ambassador adalah Rizky Reynaldi asal Kota Singkawang dan Putri Maulidiyah dari Kota Pontianak.

Keempat duta tersebut akan dikirim untuk bertanding kembali melawan peserta-peserta lainnya yang berasal dari sekolah dan atau kampus yang berada di Kabupaten Sambas ketingkat Kabupaten Sambas dan Provinsi Kalimantan Barat pada tahun 2017 mendatang. Acara yang langsung diketuai oleh guru Bahasa Inggris MAN Insan Cendekia Sambas, Puja Murdianto, S.Pd. menuturkan bahwa agenda tahunan ini harus meningkat tidak hanya melombakan cabang Pidato saja melainkan ada English Debating Tournament, Story Telling, Cerdas cermat pada tahun berikutnya. (pjm)